Wakil Bupati Meranti Lakukan Pencanangan TNI KB Kesehatan dan Kampung KB

Kamis,23 November 2017 - 15:53:45 WIB Di Baca : 3355 Kali

Riauaktual.com - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim melakukan pencanangan TNI KB Kesehatan dan Kampung KB, dalam kegiatan yang dipusatkan di Desa Insit, Kecamatan Tebing Barat itu Wakil Bupati meminta SKPD terkait bersama TNI dan Organisasi lainnya saling bekerjasama dalam suksesnya program KB dalam rangka mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan berkwalitas, Kamis (23/11).

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Ketua DPRD Meranti Muzamil, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Nirwana Sari Irwan, Wakil Ketua PKK Hj. Syamsiar Said Hasyim, Kepala BKKBN Provinsi Riau Agus Putro Proklamasi, Pabung Kodim 0303 Mayor Hasan Ibrahim, Kepala Dinas Sosial Drs. Asroruddin, Camat Tebing Tinggi Barat Helfandi dan lainnya.

Pencangan TNI KB Kesehatan dan Pencangan Kampung sehat ditandai dengan pemukulan Gong, pembukaan selubung dan penandatangan prasasti oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim didampingi Kepala BKKBN Provinsi Riau Agus Putro Proklamasi, Wakil Ketua DPRD H. Muzamil, Ketua PKK Hj. Nirwana Sari Irwan dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim menjelaskan pentingnya program KB yang merupakan program prioritas Nasional untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, menurunkan angka kematian bayi, harapan hidup dan kesehatan ibu dan anak. Saat ini diakui Wakil Bupati, masyarakat di Meranti sudah mulai memahami pentingnya ber KB, hal itu dibuktikan dengan tidak terlalu besarnya angka pertumbuhan penduduk yang hanya berkisar 3 persen hampir sama dengan jumlah rata-rata pertumbuhan penduduk Indnesia 2.6 persen.

Dan pencanangan kampung KB yang baru saja dilakukan hendaknya dapat mendukung pelaksanaan KB. Dan dapat menjadi pilot projeck atau percontohan bagi daerah lainnya untuk mensukseskan program KB didaerah masing-masing.

"Jangan sampai setelah diresmikan dibiarkan, hendaknya kampung KB yang dicanangkan ini dapat menjadi percontohan bagi daerah lainnya," harap Wakil Bupati.

Dijelaskan Wakil Bupati, saat ini seiring kesadaran masyarakat semakin tinggi target KB tidak lagi hanya sekedar mencibtakan keluarga sehat sejahtera tapi lebih dari itu harus bisa mencibtakan keluarga yang tangguh dan berkwalitas.

Untuk mensukseskannya dibutuhkan peran dari semua pihak baik Pemerintah Daerah, TNI, PKK, hingga organisasi lainnya.

"Saat ini bagaimana menjadikan keluarga sehat, sejahtera, tangguh dan berkwalitas bukan hanya untuk menurunkan angka kelahiran, untuk itu BKKBN, Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) dan instansi terkait lainnya harus bisa melakukan sosialisasi dan pembinaan termasuk juga peran TNI yang juga sangat dibutuhkan," ujar Wakil Bupati.

Dalam menunjang program KB menuju keluarga sehat, sejahtera dan berkwalitas Wakil Bupati juga meminta tenaga kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di Meranti dapat melayani kesehatan ibu dan anak. Karena berbagai fasilitas sudah disediakan oleh Pemerintah mulai dari alat kesehatan, ambulance baik darat maupun laut.

Dan bagi masyarakat yang mempunyai keluhan terkait pelayanan kesehatan dan KB dapat menyampaikan kepada Kepala Desa untuk difasilitasi.

Menyikapi masalah itu Pabung Kodim 0303 Bengkalis Mayor TNI Hasan Ibrahim, menjelaskan program KB merupakan investasi jangka panjang dalam rangka mencibtakan generasi yang handal dan mandiri dimasa datang.

Guna mendukung program ini ia berharap kepada jajaran Kodim 0303 dapat menjadi motivator program KB bekerjasama dengan instansi dan organisasi lainnya untuk menekan pertumbuhan penduduk.

"Semoga sasaran yang ingin dicapai pemerintah dalam mewujudkan keluarga sehat sejahtera dan mandiri dapat kita wujudkan," papar Pabung Kodim 0303 Bengkalis Mayor TNI Hasan Ibrahim.

Sekedar informasi untuk mensukseskan program KB di Meranti telah dibentuk petugas BKB sebanyak 360 orang, masing-masing Kecamatan terdiri dari 40 orang. Program KB yang dijalankan saat ini melipiti pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang, pelayanan KB di Kantor BKKN Desa Insit Tebing Tinggi.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati H. Said Hasyim didampingi Forkopimda dan Ketua PKK serta jajaran juga melakukan penyerahan peralatan KB berupa Bgyn Bed, BKB Kit untuk Puskesmas dan penghargaan bagi tenaga kesehatan yang berhasil mensukseskan program KB. (Humas Meranti)


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com