Ilustrasi (Foto: Theglobeandmail)

Bunda, Jangan Berikan Jus Buah untuk Bayi di Bawah Usia 1 Tahun

Kamis,23 November 2017 - 02:00:15 WIB Di Baca : 3146 Kali

Riauaktual.com - SETELAH lulus Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan, bayi dianjurkaan mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Pada masa ini banyak orangtua memasukkan jus buah dalam pola makan si kecil.

Padahal moms, tahu tidak kalau jus buah itu dilarang untuk bayi di bawah usia satu tahun? Hal itu diungkapkan dokter Klara Yuliarti SpA(K), staf pengajar dari FKUI.

"Bayi di bawah satu tahun tidak boleh dikasih jus," tegas dokter Klara dalam sebuat diskusi kesahatan yang dikutip dari Okezone.com belum lama ini kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Dokter Klara pun mengungkapkan alasan mengapa bayi dilarang minum jus. Menurutnya, jus buah akan membuat bayi cepat kenyang. Sebab kandungan jus terlalu banyak air.

"Jus buah banyak mengandung air yang membuat perut bayi kembung. Jadi tak ada ruang lagi untuk mengonsumsi makanan lain yang nutrisinya lebih dibutuhkan, sedangkan lambung bayi itu kecil. Jus juga banyak mengandung serat dan glukosa yang tidak begitu dibutuhkan dalam masa pertumbuhan bayi." jelasnya lebih lanjut

Jus buah hanya memicu bayi obesitas dalam jangka panjang. Seharusnya saat MPASI bayi diberi makanan seperti bubur, nasi tim, gading giling, ati ayam dan ikan. Makanan-makanan itu kaya protein, mangandung lemak, dan zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi.

"Kalau pun ingin memberi buah, sebaiknya tidak diolah menjadi jus yang ditambah air, gula, apalagi susu kental manis. Sebaiknya berikan pure buah saja yang dicacah," pungkasnya.


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com