Photo : asapmobil.com Mobil di jalan menanjak.

Tanjakan Bikin Boros BBM, Ini Caranya Biar Irit

Kamis,23 November 2017 - 01:19:18 WIB Di Baca : 10692 Kali

Riauaktual.com - Selain kondisi mobil yang sehat dan penggunaan bahan bakar yang benar, cara lain agar pemakaian bahan bakar mobil jadi lebih irit adalah dengan mempraktikkan cara mengemudi yang benar. Terlebih bila jalan yang dilintasi banyak tanjakan curam, maka perlu teknik khusus.

Trainer Product Knowledge Nissan Motor Indonesia, Sugihendi mengatakan, jika ingin irit bahan bakar saat bertemu jalan tanjakan, maka pengemudi perlu antisipasi.

Menurut dia, manfaatkan momentum sebaik-baiknya saat mobil bergerak, karena putaran mesin yang tinggi akan membuat pengeluaran bahan bakar lebih banyak.

“Saat menanjak, ketika mobil sudah mulai bergerak, usahakan dari jarak yang cukup jauh punya tenaga yang cukup untuk menanjak. Bukan berarti kita (injak pedal) gas habis-habisan, tapi cukup untuk mendapatkan momentum bergerak,” ujarnya di Ubud, Bali.

Jika memang harus menambah kecepatan saat menanjak, usahakan putaran mesin jangan lebih dari 2.000 rotasi per menit.

“Untuk menaikkan kecepatan, jangan menginjak gas secara tiba-tiba, bertahap saja. Karena, ini salah satu dari kunci eco driving. Jadi, bahan bakar yang paling besar dikeluarkan pada saat mobil dari diam sampai jalan,” ujarnya menjelaskan.


Sumber : viva.co.id


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com