Pelecehan Alquran, Masyarakat Kapuas Hulu Diminta Tidak Terprovokasi

Pelecehan Alquran, Masyarakat Kapuas Hulu Diminta Tidak Terprovokasi
Ilustrasi

Riauaktual.com - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kapuas Hulu, Zainudin, menyayangkan pelecehan Alquran yang terjadi di Kecamatan Mentebah, Kapuas Hulu, Kalbar, beberapa hari lalu. Apalagi pelakunya merupakan tiga pelajar SMA setempat.

Dia meminta kejadian ini agar tidak dikaitkan dengan isu agama maupun suku. Masyarakat Kapuas Hulu harus lebih cermat dalam menyikapi persoalan tersebut. Karena ini hanya dilakukan oleh oknum.

"Ini kan oknum. Biarkan proses hukum itu berjalan, masyarakat Kapuas Hulu jangan terpancing masalah ini sehingga menggangu kerukunan dalam beragama," ujarnya kepada sejumlah wartawan, Rabu (22/11/2017).

Bercermin dari kejadian ini, Zainudin mengajak stakeholder, terutama pemerintah untuk memperkuat pembinaan keagamaan. Khususnya pembinaan yang terkait dengan toleransi beragama. Karena menurutnya, pembinaan keagamaan di Bumi Uncak Kapuas selama ini belum maksimal.

"Kakanya kedepan akan kami tingkatkan program toleransi beragama ini ke sekolah-sekolah," ucapnya.

Selain itu, Zainudin menyarankan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar lebih mempertajam kurikulum yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan. Sehingga para pelajar bisa menghargai yang namanya perbedaan di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.

Senada, Ketua MUI Kapuas Hulu, Muhammad Basri mengharapkan masalah ini tidak dibesar-besarkan. Sehingga tidak merembet ke masalah agama maupun suku. "Ini tidak ada kaitannya dengan masalah agama, apalagi suku. Ini hanyalah dilakukan oknum saja," tegasnya.

Oleh karenanya, Basri menekankan pelaku harus ditindak tegas secara hukum yang berlaku. Sehingga tidak menimbulkan gejolak di masyarakat dan dapat memberi efek jera. "Karena toleransi beragama di Kapuas Hulu selama ini sudah sangat baik. Jangan sampai masalah ini membuat persatuan dan toleransi beragama di Kapuas Hulu jadi rusak," serunya. (wan)

 

Sumber: okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index