Cara Sederhana Tangkal Kejahatan Siber Menurut Menkominfo Rudiantara

Cara Sederhana Tangkal Kejahatan Siber Menurut Menkominfo Rudiantara
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat menjadi pembicara kunci Seminar Nasional 10 Tahun UMN bertajuk Memperkuat Keamanan Siber Nasional d

Riauaktual.com - Peningkatan keamanan siber tak selalu terkait soal pembenahan sistem atau perangkat lunak.

Dilasnir dari kompas.com, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, perlu kesadaran masing-masing individu untuk mengantisipasinya.

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan, misalnya, dengan rutin mengganti password e-mail dan pin anjungan tunai mandiri (ATM).

"Kapan terakhir kalian mengganti password e-mail dan pin ATM? Keamanan siber itu harus berangkat dari kesadaran. Kalau kita malas mengganti password e-mail dan pin ATM ya berarti kita enggak sadar atas keamanan kita sendiri," ujar Rudiantara, saat menjadi pembicara kunci Seminar Nasional 10 Tahun UMN bertajuk 'Memperkuat Keamanan Siber Nasional' di kampus UMN, Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (21/11/2017).

"Keamanan siber balik lagi ke diri kita. kita ini sadar enggak atas keamanan kita sendiri," ujar dia.

Menurut Rudiantara, seiring pesatnya perkembangan teknologi, maka kejahatan siber juga akan meningkat.

Oleh sebab itu, meningkatkan keamanan siber harus berangkat dari kesadaran masing-masing individu. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari kehidupan masyarakat yang tak bisa lepas dari dunia digital.

"Risiko makin banyak berkembang. terus tumbuh. sederhana saja, password emailnya diganti, pin ATM-nya diganti. Ini konsekuensi kita masuk ke dunia digital," kata Rudiantara. (wan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index