Saat Kiamat, Ini yang Terjadi pada Bumi Dijelaskan Alquran dan Sains

Saat Kiamat, Ini yang Terjadi pada Bumi Dijelaskan Alquran dan Sains
(Foto: Business Insider)

Riauaktual.com - Sebelum terjadinya hari kiamat, terdapat tanda-tanda yang bisa diamati oleh mata manusia. Terkait dengan kiamat, ilmuwan pun sudah mengemukakan skema-skema yang terjadi seperti Bumi yang bertabrakan dengan planet lain atau hantaman asteroid.

Apapun skema yang dipaparkan atau diprediksi ilmuwan, yang pasti terdapat kekacauan besar yang dialami oleh Bumi. Salah satunya ialah guncangan yang dahsyat yang terjadi di Bumi.

Dalam buku Tafsir Ilmi “Kiamat dalam perspektif Alquran dan Sains" yang disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkap mengenai keadaan Bumi pada hari Kiamat.

"Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya," Surah Az-Zalzalah Ayat 1-2.

Kata az-Zalzalah (guncangan yang dahsyat) adalah ism masdar (bentuk kata benda) dari zalzala - yuzalzilu - zalzalatan, yang mengguncangkan. Dengan demikian, az-zalzalah berarti guncangan.

Karena penyebutannya dalam Surah az-Zalzalah diikuti oleh maf'ul mutlaq, maka kata ini dimaknai sebagai guncangan hebat yang terjadi di seluruh penjuru Bumi.

Dalam Alquran, kata ini dengan semua bentuk jadiannya disebut sebanyak 6 kali, dua kali di antaranya disebut dalam Surah az-Zalzalah ayat 1.

Ayat ini menerangkan bahwa peristiwa kiamat diawali dengan guncangan yang dahsyat yang meliputi seluruh Bumi. Fenomena gempa ini berbeda dengan yang selama ini terjadi, hanya bersifat lokal dan tidak menyeluruh ke seantero Bumi.

Peristiwa ini menjadi penanda yang mengingatkan manusia bahwa akhir kehidupan dunia telah datang, yang diikuti kemudian oleh kehidupan akhirat.

 

Sumber : okezone.com

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index