Ket Foto : Bupati Rohil H suyatno memukul gong pada acara HKN di Bagansiapiapi.

Kesehatan Merupakan Pilar Pendidikan di Rohil

Selasa,07 November 2017 - 01:26:29 WIB Di Baca : 1771 Kali

ROHIL - SESUNGGUHNYA, kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian penting dari pilar yang didukung kesehatan masyarakat. Selain kualitas SDM yang ditentukan mutu pendidikan, maka aspek utama yang harus dimiliki dalam peranan strategis adalah kualitas kesehatan masyarakat itu sendiri. Hal ini bermakna bahwa peningkatan SDM bisa tercapai apabila sebandingnya dengan meningkatnya kualitas kesehatan.

Maka sebagai kabupaten yang sedang berkembang, Pemerinyah Rokan Hilir menerapkan peningkatan dan pengembangan kesehatan dan pendidikan, sehingga kedua aspek penting ini dipandang tidak hanya dapat menambah pengetahuan dan kesehatan, tetapi bagaimana meningkatkan produktifitas, kreativitas dan kemandirian masyarakat menyangkut kesehatan itu sendiri.

"Dimasa depan, dari berbagai analisis telah membuktikan bahwa kesehatan mampu memerankan dirinya sebagai bagian dari sektor pariwisata, sekaligus sarana untuk promosi daerah. Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan adalah langkah terpenting untuk meningkatkan daya saing usaha di sektor kesehatan," Sebut Wakil Bupati Jamiluddin

Foto Dhonie Dwi Putra.

Memang, diakui Wabup, kondisi ini tidaklah ringan, karena peningkatan mutu kesehatan bukan hanya untuk rumah sakit saja, tetapi berlaku untuk semua tingkatan pelayanan kesehatan mulai dari Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Puskesmas, hingga Puskesmas Rawat Inap baik menyangkut fasilitas pemerintah maupun swasta. Dengan begitu, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan adalah salah satu isu yang sangat krusial dalam manajemen, baik dalam sektor pemerintah maupun sektor swasta.

"Ini dilakukan untuk menyeimbangkan antara besarnya tuntutan masyarakat terhadap perbaikan kualitas pelayanan kesehatan dan lainnya. Sehingga, Pemkab Rohil terus berupaya meningkatkan praktik perbaikan penyelenggaraan pelayanan Kesehatan," sebut Jamiluddin.

Foto Dhonie Dwi Putra.

Berangakat dari berbagai analisis dan potensi yang dimiliki oleh Pemkab Rokan Hilir, diiringi pula dengan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Daerah, maka kabupaten ini memiliki kekuatan yang luar biasa untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan, Pemkab Rohil sekaligus meningkatkan sadar sehat bagi masyarakat. Karena, komitmen besar itu dalam upaya mengedepankan pentingnya peningkatan kualitas kesehatan itu sendiri. Sebab, Pemkab Rokan Hilir menyadari sepenuhnya indikator terdepan dalam mengayomi dan melindungi kesehatan masyarakat, adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan prima dalam aspek yang sangat luas," jelas Wabup.

Karena, sambung Jamiluddin, mempedomani Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang mengamanatkan bahwa Kesehatan merupakan salah satu aspek dari hak asasi manusia yang tercantum dalam pasal 28 H ayat 1. "Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempattinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat, serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan". Maka Pemkab Rokan Hilir berupaya mengakomodir berbagai kepentingan sebagaimana yang telah dijelaskan diatas.

"Guna lebih mengarahkan segala potensi menuju pencapaian cita-cita mulia itu, Pemkab Rokan Hilir terus menggesa berbagai upaya peningkatan dan pengembangan diberbagai bidang, terutama untuk peningkatkan kualitas SDM yang sehat, baik melalui layanan kesehatan prima maupun lainnya. Sebab, ini dapat mengoptimalkan pemanfaatan SDA untuk digunakan sebesar-besarnya meningkatkan dalam meberikan pelayanan kesehatan maupun penyediaan fasilitasnya," urai Jamiluddin.

Foto Dhonie Dwi Putra.

Di samping itu, Pemkab Rohil melakukan berbagai analisis terhadap penyiapan SDM yang diperlukan sekaligus menuangkannya ke dalam berbagai program percepatan kesehatan. "Sehinga, Rokan Hilir benar-benar memiliki kesiapan sumber daya kesehatan dalam mengoptimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Melahirkan berbagai Kebijakan baik yang telah dilaksanakan, sedang dan kebijakan yang telah dituangkan ke dalam program untuk segera dijalankan. Karena, ini jelas dapat dilihat melalui perluasan akses pelayanan kesehatan, peningkatan mutu pelayanan kesehatan, menciptakan program dan melaksanakannya guna meningkatkan daya saing, mendirikan berbagai kemudahan akses mendapatkan kesehatan yang berkualitas, termasuk pendirian Pustu, Puskesmas, dan Puskesam Rawat Inap," rinci Wabup.

Dengan begitu, sambungnya, upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan meningkatkan kualitas pelayanan dapat seimbang dalam meningkatkan kualifikasi sumber daya melalui pemberian beasiswa kedokteran, kebidanan dan merekrut penambahan dokter spesialis.

"Pembangunan kesehatan sesungguhnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya sebagai perwujudan kesejahteraan umum sebagaimana yang dimadsud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Pembangunan kesehatan tersebut diselenggarakan dengan bedasarkan kepada Sistem Kesehatan Nasional (SKN), yaitu suatu tatanan yang menghimpun berbagai upaya Bangsa Indonesia secara terpadu dan saling mendukung guna menjamin derajat kesehatan yang setinggi-tingginya," sebutnya.

Selanjutnya, untuk dapat terpenuhinya pelayanan prima kesehatan kepada masyarakat, Pemkab Rokan Hilir telah banyak menuangkan kedalam program dan diimplementasikan kepada masyarakat. Disamping itu, peningkatan pelayanan direncanakan pula berbagai terobosan-terobosan. Sehingga, kesehatan masyarakat benar-benar menjadi skala prioritas untuk diberikan pelayanan prima. Secara garis besar dapat disampaikan beberapa program yang telah berjalan dan program yang masih dalam tahap perencanaan untuk digesa pelaksanaannya.

Selanjutnya, pembangunan untuk pelayanan prima kepada masyarakat yang sedang digesa adalah pendirian dua buah rumah sakit umum berskala besar sekaligus dipersiapkan menjadi Rumah Sakit Umum Type A, terletak di Kawasan Batu Enam di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih. Sedangkan untuk bidang lainnya, Pustu akan ditingkatkan menjadi Puskesmas, Puskesmas menjadi Rawat Inap.

Kemudian Puskesmas Keliling akan lebih dioptimalkan penggunaannya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sementara itu, untuk mengikuti perkembangan tehnologi, di setiap rumah sakit akan disediakan akses internet sehingga data dapat diakses secara online untuk memudahkan memberikan penanganan secara tepat dan cepat kepada masyarakat.

Program ini untuk memudahkan dalam membuat perbaikan dan pengembangan program. Bahkan kedepan, seiring dengan perkembangan dan pertambahan penduduk. Masyarakat tidak hanya disediakan Puskesmas Keliling, tetapi sudah diperlukan mobil sehat yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas secara mobile memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, untuk peningkatan kualifikasi tenaga medis diberikan Beasiswa oleh Pemerintah Rokan Hilir Kepada Putra terbaik Rokan Hilir untuk melanjutkan Pendidikan Kedokteran sebanyak 32 orang. Berbagai program untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dapat diterapkan, maka masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dan teredukasi dengan baik menjadi sadar akan kesehatan. Sehingga Kesehatan daya manusia berkualitas, menuju masyarakat Rokan Hiir yang cerdas Kesehatan, Sehat dalam Kecerdasan. (ADVETORIAL)


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com