Gubernur Sumsel Sebut Ada Tiga Investor Berminat Bangun Sirkuit MotoGP di Palembang

Gubernur Sumsel Sebut Ada Tiga Investor Berminat Bangun Sirkuit MotoGP di Palembang
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. (republika)

Riauaktual.com - Semangat Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin mewujudkan pembangunan sirkuit MotoGP tak kunjung surut. Orang nomor satu di Sumsel tersebut optimistis dapat merealisasikan sirkut MotoGP tersebut di komplek Jakabaring Sport City (JSC).

“Sudah ada dua atau tiga calon investor yang tertarik membangun sirkuit MotoGP di Palembang,” kata Alex, Senin (20//11). 

Alex belum bersedia menyebut calon investor yang akan membangun sirkuit MotoGP di komplek JSC. “Januari 2018 mendatang akan ditetapkan siapa investor yang menjadi pemenangnya,” kata dia. 

Untuk merealisasikan sirkuit yang akan dibangun di atas lahan seluas 120 hektar, Alex Noerdin diundang sang arsitek Sirkuit MotoGP Jakabaring Hermann Tilke ke Jerman pada 7 November 2017. Dalam pertemuan itu, membahas proses pembangunan sirkuit di komplek JSC. 

Selama di Jerman, Gubernur Sumsel diajak melihat Sirkuit F1 Nurbrging, Jerman. Mantan Bupati Musi Banyuasin (Muba) tersebut pun yakin mimpi Sumsel menggelar MotoGP 2019 di Kota Pempek akan terwujud. 

Menurutnya, Sumatra Selatan telah disetujui Dorna selaku ofisial MotoGP. Pemerintah Provinsi Sumsel juga telah memiliki Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dapat mengelolahnya yaiut PT Jakabaring Sport City.

Hermann Tilke, pemilik Tilke Engineering, telah berkunjung ke Palembang dan melihat langsung calon lokasi sirkuit MotoGP Jakabaring yang didesain berada di tepi danau Jakabaring tempat perlombaan ski air dan dayung.

Arsitek Hermann Tilke dikenal sebagai arsitek atau desainer sejumlah sirkuit yang ada di dunia, di antaranya Sirkuit Red Bull Ring, Austria; Sirkuit Sepang, Malaysia; Sirkuit Bahrain International, Bahrain; Sirkuit Shanghai International, Cina; Sirkuit Grand Prix Turki; Sirkuit Grand Prix Singapura; Sirkuit Grand Prix Abu Dhabi, Uni Emirat Arab; Sirkuit Korea Internasional, Korea Selatan dan Sirkuit Chang Internasional, Thailand. (wan)

 

Sumber: republika.co.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index