BBPOM Pekanbaru Sita Ribuan Kosmetik Mengandung Bahan Berbahaya yang Banyak di jual Online

BBPOM Pekanbaru Sita Ribuan Kosmetik Mengandung Bahan Berbahaya yang Banyak di jual Online
BBPOM Pekanbaru saat melakukan ekspos penyitaan kosmetik ilegal, Senin (20/11). Foto IG

Riauaktual.com - Khususnya kaum perempuan, harus mewaspadai ketika membeli alat kecantikan seperti makeup dan sebagainya.

Apalagi pembelian dilakukan melalui online. Karena saat ini beredar kosmetik maupun obat yang mengandung bahan berbahaya.

Dan itu terbukti dari sejumlah barang bukti kosmetik yang disita oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, yang dirilis Senin (20/11).

Kosmetik berbahaya tersebut ditemukan saat BBPOM melakukan operasi penertiban sejak bulan Oktober lalu.

Kepala BBPOM Pekanbaru, M Kashuri mengatakan, pihaknya telah memeriksa 50 tempat-tempat distribusi kosmetik yang ada di Pekanbaru.

"Kita menemukan 66 persen tempat yang tidak memenuhi ketentuan karena menjual produk kosmetik tanpa izin edar dan mengandung bahan berbahaya," kata Kashuri.

Dari tempat tersebut, pihaknya mengamankan 1.923 kemasan kosmetik ilegal. Ada yang tanpa izin edar, ada juga yang mengandung bahan berbahaya dan yang sudah kadaluarsa dengan total kerugian Rp94 juta lebih.

Dia mengatakan, kebanyakan kosmetik tanpa izin edar ini dijual melalui bisnis online. Sehingga sulit untuk membuktikan kosmetik tersebut mengandung bahan berbahaya.

"Kalau kosmetik yang ada di apotik atau swalayan, itu resmi dan kita pantau peredarannya," kata Kashuri.

Kosmetik tanpa izin edar tersebut, lanjut dia, ada yang cemari mercuri seperti krim pemutih wajah. Hal itu berbahaya bagi kulit dan bisa menyebabkan kanker.

"Efek samping lainnya iritasi, kerusakan kulit dan lainnya," kaya Kashuri.

Oleh karena itu, BBPOM menghimbau para pelaku usaha untuk mentaati peraturan yang berlaku. Masyarakat juga diharapkan proaktif dalam memilih kosmetik yang akan dibeli.

"Masyarakat harus waspada ketika membeli kosmetik. Dan beli kosmetik di toko yang resmi," pesan Kashuri. (IG)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index