PKB dan NasDem Tak Lolos Verifikasi di Kota Bekasi, Ini Penyebabnya

PKB dan NasDem Tak Lolos Verifikasi di Kota Bekasi, Ini Penyebabnya
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menyatakan ada 3 partai politik yang tidak memenuhi syarat (TMS). Dari 14 partai politik yang telah mendaftar, tiga partai tersebut adalah, Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan partai pendatang baru, Partai Garuda.

“Kami memang masih memberikan kesempatan 14 hari buat parpol yang masih TMS. Dari tiga parpol ini, saya khawatir Partai Garuda gagal untuk proses verifikasi datanya sebab kekurangan datanya cukup banyak sekali,” kata Komisioner KPU Kota Bekasi Yayah Nahdiyah melalui telepon, Minggu (19/11/2017) kemarin.

Lebih jauh, ia mengakui, saat proses tahapan penyerahan berkas persyaratan memang seluruhnya, menyerahkan data ke KPU Kota Bekasi di atas dari syarat minimal. Cuma hasil penelitian administrasi ditemukan banyak data yang ganda dan data anggota berusia di bawah 17 tahun.

Sesuai syarat minimal parpol peserta Pemilu 2019, setiap partai politik harus menyerahkan berkas 1.000 dukungan. Tapi, tiga parpol tersebut berdasarkan proses penelitian administasinya, masih di bawah 1.000.

“Jadi, kami temukan data seperti ini hampir dari semua berkas parpol. Tapi, dari data yang ditemukan 11 parpol dianggap memenuhi syarat karena, tidak sampai kurang dari 1.000, sementara, tiga parpol ini setelah kami gugurkan berkasnya di bawah 1.000,” terang Yayah.

Untuk diketahui, berdasarkan data KPU Kota Bekasi ketiga parpol itu di antaranya, Nasdem menyerahkan berkas persyaratan, sebanyak 1131 dan ditemukan data TMS 147. Jika dikurangi totalnya, hanya 984 dukungan kurang 16 dukungan lagi.

Sementara, PKB dari total berkas yang diserahkan ke KPU Kota Bekasi sebanyak 1.174, tapi data yang dianggap memenuhi syarat (MS) hanya 837 kurang atau 163 lagi untuk mencapai jumlah minimal, setelah ditemukan sebanyak 337 data tidak memenuhi syarat (TMS).

Terakhir, data persyaratan Partai Garuda paling banyak mengalami kekurangan dari syarat lolos verifikasi ini setelah ditemukan hanya memiliki sebanyak 664 dukungan yang memenuhi syarat. Jadi butuh 336 berkas dukungan yang harus di perbaiki sebelum ke tahap berikutnya.

 

Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index