Hadapi Laga Kedua Grup Y Sore ini, Persebaya vs PSPS Disiarkan Live

Hadapi Laga Kedua Grup Y Sore ini, Persebaya vs PSPS Disiarkan Live
Dzumafo yang menjadi andalan lini serang PSPS

Riauaktual.com - Persebaya Surabaya akan menghadapi PSPS Riau dalam laga kedua grup Y babak 8 besar Liga 2 sore ini (siaran langsung tvOne pukul 15.00 WIB).

Klub berjuluk Green Force itu punya peluang menjadi tim ketiga yang lolos ke semifinal menyusul PSMS Medan dan Martapura FC.

Namun, itu bukan perkara mudah. Kalau memperhatikan performa PSPS dalam laga pertama melawan PS Mojokerto Putra (15/11), Persebaya patut berhati-hati. Terutama kepada striker gaek Herman Dzumafo Epandi. Apalagi, pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera tidak bisa menurunkan pasukan terbaiknya.

Ya, Persebaya kehilangan gelandang M. Hidayat yang terkena akumulasi kartu dan striker Ricky Kayame tidak fit.

Juga, gelandang kreatif Misbakus Solikin yang belum bisa bermain. Situasi itu memaksa Alfredo harus melakukan rotasi ketika melawan PSPS di Gelora Bandung Lautan Api sore ini.

Problemnya, Hidayat selama ini menjadi sosok yang sulit digantikan di lini tengah Persebaya.

Kemampuannya membaca dan menghentikan serangan lawan serta mengalirkan bola untuk membangun serangan seringkali menjadi penentu permainan di lini tengah.

Tanpa Hidayat, dalam latihan terakhir di Lapangan Progresif, kemarin, Alfredo menjajal beberapa pemain untuk mengisi perannya.

Mereka di antaranya Nerius Alom, M. Sidik Saimima, dan Adam Maulana. Ada kemungkinan Abu Rizal yang selama ingin mengisi bek kanan digeser ke posisi Hidayat.

Terkait Dzumafo yang menjadi andalan lini serang PSPS, pelatih asal Argentina itu menolak untuk hanya memberikan perhatian kepada satu pemain.

’’Semua pemain kami anggap berbahaya. Jadi, harus tetap maksimal dalam melakukan penjagaan,’’ paparnya.

Meski sangat berhasrat untuk menang dan memastikan diri lolos ke semifinal, tapi Alfredo tetap meminta pasukannya agar lebih tenang.

”Tidak perlu tergesa-gesa agar bola terus mengalir, bisa menguasai pertandingan, dan meraih kemenangan,’’ jelas mantan pelatih Persipura Jayapura tersebut.

Di sisi lain, asisten pelatih PSPS Marwal Iskandar menegaskan lawannya kali ini merupakan tim besar. Tim yang punya skuad komplet di segala lininya.

’’Materi pemain bagus-bagus, jauh di bandingkan tim kami,’’ katanya. Dia meminta pasukannya untuk membuat para pemain Persebaya tidak nyaman memainkan bola.

Marwal menerangkan tetap meminta anak asuhnya bermain terbuka. Dia tidak ingin menerapkan strategi bertahan menghadapi tim yang penguasaan bolanya baik seperti Persebaya.

’’Anak-anak sudah siap meladeni permainan Persebaya,’’ tegas Marwal, sebagaimana dikutip dari jpnn.com.

Sementara itu, berdasarkan rapat koordinasi Aula Polrestabes Bandung kemarin yang melibatkan semua perwakilan klub dan suporter, Wakapolrestabes Bandung Gatot Sujono menjelaskan untuk mengamankan pertandingan, dia sudah menyiapkan setidaknya 1.082 personil gabungan.

Personel ini nantinya dibagi di sekitaran stadion. ’’Kami bertanggungjawab mengamankan sebelum, saat, dan sesudah pertandingan. Jadi semua sudah siap,’’ bebernya.

Nah, untuk Bonek sendiri, diperkirakan jumlahnya akan melonjak drastis dari pertandingan lawan PSIS Semarang (15/11).

Perkiraan Pemain

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar Saputra (g); 71-Said Mardjan, 13-Rachmat Irianto, 21-Fandry Imbiri (c), 25-M. Irvan; 22-Abu Rizal, 31-Kurniawan Karman, 14-Adam Maulana; 41-Irfan Jaya, 26-Rishadi Fauzi, 15-Rangga Muslim

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Jersey: Hijau

PSPS Riau (4-2-3-1): 1-Gianluca Pandeynuwu (g); 26-Dendi Sembiring, 43-Asep Budi Santoso, 27-M. Aliah Al Fuad, 10-Leo Guntara; 23-Victor Pae, 39-Tegar Hening Pangestu; 93-Wazir Kahfi, 11-Ichsan Pratama, 15-Fiwi Dwipan; 99-Herman Dzumafo (c)

Asisten Pelatih: Marwal Iskandar

Jersey: Putih-putih

Stadion: Gelora Bandung Lautan Api, Bandung

Live: tvOne pukul 15.00 WIB

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index