Ilustrasi rokok. boldsky.com

8 Cara paling sederhana nan efektif untuk berhenti merokok dengan segera

Rabu,15 November 2017 - 00:31:14 WIB Di Baca : 2376 Kali

Riauaktual.com - Kamu lelah dengan usaha berhenti merokok yang tak kunjung membuahkan hasil? Padahal kamu ingin kebiasaan buruk tersebut berhenti agar kesehatan selalu terjaga. Namun tekad yang kuat kadang kalah dengan godaan sebatang rokok.

Well, daripada kamu berpusing ria, kamu bisa mencoba cara sederhana namun manjur berikut ini untuk menghentikan kebiasaanmu merokok.

- Langkah awal adalah buatlah daftar alasan kenapa kamu merokok dan mengapa kamu berpikiran bahwa rokok bisa membuatmu merasa tenang. Jika kamu bisa mengobservasi hal tersebut, maka kamu akan menemukan solusi lain daripada merokok.
    
- Kemudian di langkah kedua, buat alasan kenapa kamu ingin berhenti merokok. Jadikan hal tersebut sebagai motivasi ketika kamu merasa goyah ingin kembali merokok.
    
- Hindari membeli rokok langsung 1 bungkus. Sebab kamu jadi merasa berkewajiban untuk menghabiskannya. Sebaiknya belilah rokok 1-2 batang saja. Maka dengan begitu kamu bisa mengurangi kebiasaan ini secara bertahap.
    
- Jangan lupa pula untuk mengobservasi kira-kira di waktu mana kamu biasanya merokok. Dengan demikian kamu bisa memiliki gambaran tentang langkah yang harus kamu lakukan jika keinginan tersebut datang kembali.
    
- Memiliki hobi atau kesibukan baru sangatlah penting untuk mengalihkan pikiran ketika kamu ingin merokok. Kamu bisa mencoba untuk mulai rajin membaca, menulis, olahraga, atau bergaul dengan teman-teman yang tidak merokok.
    
- Mood atau suasana hati yang baik juga akan mendukung kebiasaanmu untuk berhenti merokok. Oleh karena itu kelola stresmu dengan baik dan hindarkan dirimu dari depresi yang akan memperbesar peluangmu untuk merokok.
    
- Jika keinginan untuk merokok datang, ganti dengan nyemil. Namun ingat, pilihlah camilan yang sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga.
    
- Terakhir, buatlah daftar akan bahaya rokok yang bisa kamu alami jika kamu masih meneruskan kebiasaan ini. Maka dengan begitu kamu akan memiliki pengingat kenapa kamu harus menghentikan kebiasaan ini.


Sumber : merdeka.com

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com