Wabup Meranti Ajak Masyarakat Budayakan Prilaku Hidup Sehat Mulai dari Keluarga

Senin,13 November 2017 - 11:43:37 WIB Di Baca : 13964 Kali

Riauaktual.com - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim mengajak masyarakat untuk membudayakan prilaku hidup sehat yang dimulai dari keluarga, hal itu sesuai dengan program kesehatan Nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yakni 'Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku'. Hal itu disampaikan Wakil Bupati saat menjadi pembina upacara peringatan hari Kesehatan Nasional dihalaman kantor Bupati, Senin (13/11).

Dijelaskan Wakil Bupati H. Said Hasyim untuk meningkatkan kwalitas kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh dua komponen yakni kesehatan lingkungan dan ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan. Namun satu hal yang tidak bisa diabaikan menurutnya adalah prilaku hidup sehat yang dimulai dari diri dan keluarga sebagai lingkup terkecil dalam masyarakat.

Loading...

"Keluarga adalah sarana pertama dalam pembentukan karakter manusia, pendidikan dikeluarga akan mempengaruh emosional anak untuk tumbuh dan berkembang untuk itu prilaku hidup bersih harus diajarkan dan dimulai dari keluarga," ujar Wakil Bupati.

Hidup sehat Germas yang pada akhirnya dapat membentuk bangs indonesia yang kuat, membentuk keluarga hidup sehat promotif dan preventif. Sehingga tercipta masyarakat produktif yang dapat berperan aktif dalam lembangunan nasional

Saat ini Pemerintah tengah gencar-gencarnya mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dalam rangka membentuk bangsa Indonesia yang kuat, gerkaan ini dapat dimulai dari keluarga dengan membudayakan hidup sehat baik promotif maupun preventif.

Hidup sehat yang dimulai dari keluarga seperti selalu menkonsumsi makanan sehat, senantiasa berolahraga dan memeriksa kesehatan secara rutin, tidak merokok dan yang tak kalah penting mencibtakan lingkungan bersih dan sehat.

"Upaya ini akan menciptakan masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan Nasional," pungkas Wakil Bupati.

Sempena peringatan Hari Kesehatan Ke-53 Tahun 2017 ini, Wakil Bupati juga mengajak para insan kesehatan untuk dapat merefleksi diri sejauh mana upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Wakil Bupati berharap kedepan dapat ditingkatkan baik dari segi pelayanan oleh petugas maupun kwalitas peralatan yang dimilki.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada pemenang Tenaga Kesehatan Teladan dan Puskemas Berpestasi Tingkat Kabuaten Kepulauan Meranti.

Penghargaan Kesehatan Teladan diberikan kepada dr. Rio Herison yang bertugas di Puskemas Pulau Merbau, Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Kategori Para Medis diberikan pada Sanah A.Md, Pemenang UPT Puskemas Berprestasi di raih oleh UPT Puskesmas Pulau Merbau yang dipimpin oleh drg. Halrani.

Selain itu juga dilakukan penyerahan kendaraan bermotor roda dua sebanyak 28 unit untuk operasional petugas desa yang diserahkan secara simbolis kepada UPT Puskesmas Alai, Anak Setatah, Teluk Belitung dan lainnya.

Dan penyerahan kendaraan roda empat untuk Puskesmas keliling yang diserahkan kepada UPT. Puskemas Tanjung Samak yang danannya bersumber dari DAK Afirmasi Tahun 2017.

Terkait penyerahan penghargaan kepada tenaga kesehatan ini, Wakil Bupati mengucapkan apresiasi. "Atas nama pemerintan daerah saya memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan atas prestasi dan dedikasinya kepada masyarakat," ucap Wakil Bupati seraya berharap prestasi, pelayanan dan inovasi yang telah dilakukan kedepan dapat ditingkatkan.

Dan kepada instansi teknis dijajaran Pemerintah Daerah, diminta apa yang telah diraih oleh Tenaga Kesehatan itu dapat menjadi contoh bagi pegawai. "Apa yang telah dilakukan oleh tenaga kesehatan ini hendaknya dapat menjadi contoh bagi instansi teknis, jangan sampai proyek banyak tapi tak banyak hasil yang didapat maayarakat, mari robah pola lama yang kurang bermanfaat, kalau tidak sekarang kapan lagi," himbaunya.

Masalah pelayanan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat itu juga mendapat tanggapan dari Ketua Komisi A DPRD Meranti Edi Masyudi, hal itu sangat penting untuk itu pelayanan kesehatan yang diberikan harus efisien, cepat dan mampu memenuhi kebituhan masyarakat baik di Rumah Sakit maupun di seluruh UPT Puskemas Kecamatan.

"Kita ingin bagaimana kwalitas dan pelayanan kesehatan itu dapat ditingkatkan dengan efektf, efisien dan mampu memenuhi tuntutan masyarakat,mdengan begitu taraf kesehatan masyarakat dapat meningkat dalam membangun Meranti lebih baik lagi kedean," ujarnya. (ADVETORIAL)


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com