Sekdaprov Optimis Akhir November Realisasi Fisik Capai 80 Persen

Sekdaprov Optimis Akhir November Realisasi Fisik Capai 80 Persen
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Memasuki minggu kedua November, realisasi keuangan APBD Riau baru mencapai baru mencapai 45 persen, sementara fisik sudah diangka 70,35 persen. Realisasi fisik ini diperkirakan terus bergerak hingga menyentuh 80 persen pada akhir November ini.

Ada pun rendahnya realisasi keuangan tersebut dianggap tak ada masalah, mengingat hanya menunggu input ke sistem dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja.

"Untuk fisik 70,35 persen, keuangan 45 persen. Akhir November (realisasi fisik) diharapkan sudah menyentuh persentase 80 persen. Kita jadikan fisik ini ya sebagai patokan. Karena kalau keuangankan sifatnya menunggu input saja," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau Ahmad Hijazi, Jumat 10 November 2017 kemarin.

Hijazi optimis, pencapaian 80 persen dapat tercapai. Hal ini mengingat progres realisasi menjelang akhir tahun terus bergerak, teruma sejumlah OPD yang memiliki anggaran besar seperti halnya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

Bahkan mantan Kepala Disperindag Kota Batam ini meyakini target 90 persen realisasi APBD Riau pada akhir Desember bisa tercapai. "Perhitungan saya diakhir Desember 90 persen bisa tercapai. Inikan target kita memang. Kita optimis kok," ungkap Hijazi.

Ada pun OPD tertinggi yang sudah merealisasikan belanjanya, yakni Sekretariat DPRD Riau (Setwan), kemudian disusul Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa Riau. Terendah adalah Biro Humas Setdaprov Riau.

"Kita harapkan kepada OPD yang belum memaksimalkan realisasi belanjanya agar segera memaksimalkannya. Jika memang persoalan administrasi secepatnya dituntaskan," ujar Hijazi. (jai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index