Tahun Ini Paket Soal UN Diberlakukan Per Siswa

Tahun Ini Paket Soal UN Diberlakukan Per Siswa
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau HM Wardan

RIAU (RA)- Ujian Nasional (UN) tinggal hitungan bulan, persiapan untuk kegiatan UN di pemerintah pusat dan daerah telah diberlakukan, termasuk Provinsi Riau. Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau HM Wardan ketika ditemui Rdi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau saat pembukaan acara Olimpiade Matematika di UIN Suska Riau.

"Untuk daftar nominatif peserta UN sudah kita sampaikan kepada ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kita sudah melakukan sosialisasi di seluruh dinas pendidikan kobupaten/kota dan secara nasional kita juga mengikuti pertemuan dalam rangka persiapan UN tersebut," ungkap Wardan ketika diwawancara Riau Aktual.com, Senin, (25/02/2013).

Lebih lanjut Wardan mengatakan, secara administratif yang menyangkut SK, pembentukan panitian, penunjukkan-penunjukkan kesiapan semua sudah dilaksanakan dan tinggal menunggu pelaksanaan UN tersebut.

Ada beberapa penambahan peraturan untuk UN pada tahun ajaran 2013/2013 ini, untuk tahun lalu paket hanya ada 5 paket Ujian Nasional, untuk tahun sekarang paket ujian sebannyak peserta, jadi antar siswa tidak bisa saling menyontek, kemudaian lembar jawaban dengan naskah soal terpisah sekarang dijadikan satu.

"Dengan dilakukan perubahan peraturan tersebut, siswa jadi tidak ada yang menyontek satu dengan yang lain, dan kebocoran soal UN juga tidak akan terjadi," jelas Wardan.

Ujian Nasional untuk tahun ajaran 2012/2013 masih sama dengan tahun lalu, yakni dengan nilai standar kelulusan 5,5.

Laporan: Muhammad lgbal. Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index