Seorang Ibu Melahirkan di Jalan, Polwan Bantu Bawa ke Puskesmas

Seorang Ibu Melahirkan di Jalan, Polwan Bantu Bawa ke Puskesmas
Ipda Kusbandini bersama bayi yang ditolongnya (Foto: detik.com)

Riauaktual.com - Seorang ibu melahirkan di Jalan Raya Gedangan. Seorang polisi yang kebetulan sedang mengatur lalu lintas segera membawanya ke puskesmas.

Adalah Nino Juartica Anggraeni yang melahirkan di jalan. Perempuan 22 tahun itu tak menyangka akan melahirkan di jalan setelah turun dari angkot.

"Setelah mendapatkan laporan saya langsung ke lokasi karena jaraknya dekat. Ternyata ibu tersebut sudah melahirkan," kata Ipda Kusbandini, Kamis (9/11/2017).

Kusbandini yang menjabat sebagai Kanit Binmas Polsekta Gedangan ini mengatakan, kejadian itu berawal saat Nino bersama ibunya naik angkot dari rumahnya di Sawotratap, Gedangan hendak menuju ke puskesmas. Nino yang usia kandungannya lebih dari 8 bulan hendak memeriksakan kandungannya ke puskesmas.

 

Hendak sampai puskesmas, perut Nino merasa mulas. Akhirnya Nino memutuskan turun dari angkot bersama ibunya di jalan yang berjarak 10 meter dari puskesmas . Sesaat setelah turun, mulas pada perut Nino semakin menjadi. 

Mulas itu ternyata kontraksi yang menandakan Nino hendak melahirkan. Tanpa bisa menahan kontraksi itu, Nino akhirnya telentang di jalan dan melahirkan di situ. 

"Ketika kami sampai di lokasi, ibu itu sudah melahirkan. Kami bersama anggota Polwan Polsekta Gedangan yang lain langsung membopong ibu yang melahirkan ke puskesmas. Kebetulan jaraknya dekat dengan puskesmas, langsung kami bawa dan dibantu bidan Puskesmas Gedangan," kata Kusbandini.

Sementara itu, Tri Sulistyo, bidan Puskesmas Gedangan, mengatakan bahwa bayi yang lahir tersebut berjenis kelamin laki-laki. Berat badannya 2 Kg dengan panjang 45 cm.

"Bayi dalam kondisi sehat, untuk sementara bayi di rujuk ke RSUD Sidoarjo sekitar pukul 16.40 WIB lantaran lahirnya di jalan, sementara untuk ibunya sehat dan dijinkan pulang ke rumah," kata Tri. (detik.com/wan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index