Dandim 0301/Pekanbaru, Tunjung Setyabudi

Besok Peringatan Hari Pahlawan, Simak Ungkapan Dandim 0301/Pekanbaru Yang Menyentuh Hati

Kamis,09 November 2017 - 12:34:09 WIB Di Baca : 5434 Kali

Riauaktual.com - Peringatan Hari Pahlawan jatuh pada tanggal 10 November. Tahun ini, Hari Pahlawan diperingati besok pagi, Jumat (10/11).

Untuk mengenang jasa para Pahlawan, masyarakat terutama generasi penerus diajak untuk memperingati Hari Pahlawan tersebut, dengan kegiatan-kegiatan positif.

Bahkan, Komandan Kodim (Dandim) 0301/Pekanbaru, Letkol Inf Tunjung Setyabudi mengungkapkan makna Hari Pahlawan itu, Kamis (9/10) pagi.

"Sebuah ungkapan terkenal menyatakan bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Dan bangsa tanpa Pahlawan sama artinya bangsa yang tak memiliki sebuah kebanggaan," ungkap Tunjung.

Namun jika sebuah bangsa tidak memiliki tokoh yang bisa dibanggakan, maka bangsa itu adalah bangsa yang tak memiliki harga diri.

Bahkan, kata dia, bisa menjadi sebuah bangsa kelas teri, diremehkan oleh bangsa-bangsa lain.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya setiap bangsa memiliki tokoh yang disebut Pahlawan.

"Seorang Pahlawan akan menjadi sangat penting karena ia akan memberikan suatu inspirasi dan motivasi. Inspirasi untuk selalu memperbaiki kondisi bangsa ini. Dan memotivasi agar bangsa ini terus bangkit, dan menjadi suatu bangsa yang bisa dibanggakan," ucapnya.

Tunjung menjelaskan, mengapa tanggal 10 November dipilih sebagai Hari Pahlawan?, karena pada saat itu para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia bertempur dengan gagah berani bermodalkan bambu runcing untuk melawan tentara Inggris atau sekutu di Surabaya.

"Padahal saat itu kita hanya mempunyai beberapa pucuk senjata api, selebihnya para pejuang menggunakan bambu runcing, namun para pejuang kita waktu itu tidak pernah sedikitpun merasa gentar saatmelawan penjajah. Kita masih ingat tokoh yang terkenal pada saat perjuangan itu yakni Bung Tomo yang mampu menyalakan semangat perjuangan rakyat lewat siaran-siaran radionya," kata Tunjung mengingat sejarah.

Dia mengatakan, setiap tahunnya masyarakat Indonesia mengenang akan berbagai macam jasa para pahlawan.

"Peringatan yang kita lakukan sekarang jangan hanya bersifat hanya seremonial saja. Akan tetapi harus kita maknai sebagai renungan bahwa kemerdeaan itu kita peroleh dengan pengorbanan yang tidak ternilai baik harta benda dan jiwa raga pun kita korbankan. Sehingga kita bisa merasakan kemerdekaan hingga saat ini," ungkap Tunjung.

"Oleh karena itu, tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, rakyat telah mengorbankan nyawanya," ulasnya.

Sehingga dia mengajak, untuk meniru semangat juang para pahlawan yang telah gugur dengan berkontribusi terhadap perkembangan bangsa Indonesia.

"Kita harus memiliki semangat juang yang tinggi seperti Pahlawan. Selamat Hari Pahlawan," kata Tunjung Setyabudi memotivasi. (IG)

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com