Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Satlantas Kampanye ke SMA Dharma Loka

Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Satlantas Kampanye ke SMA Dharma Loka
Foto- Para siswa SMA Dharma Loka saat mengikuti kegiatan Safety Riding yang dipandu oleh Satlantas Polresta Pekanbaru, Jumat (20/10). Foto ig

Riauaktual.com- Puluhan personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru, mengunjungi Sekolah Menengah Atas (SMA) Dharma Loka di Jalan Soekarno Hatta, Jumat (20/10) pagi.

Kunjungan polisi lalu lintas (Polantas) itu merupakan untuk memberikan pelatihan cara berkendara yang baik dan aman atau Safety Riding, yang bekerjasama dengan sekolah mengemudi Riau Safety Driving Centre (RSDC).

Dalam kegiatan tersebut, ratusan siswa yang hadir antusias mengikuti jalannya kegiatan safety riding. 

Selain memberikan materi secara teori, para siswa juga diberikan kesempatan untuk berlatih dan praktek langsung cara berkendara dengan menggunakan sepeda motor dan alat peraga lainnya serta didampingi oleh instruktur dari sekolah mengemudi RSDC.

Kasubnit I Unit Dikyasa, IPDA Ratna Wilis yang memimpin kegiatan mengatakan bahwa selain melatih cara berkendara yang baik dan aman, pihaknya juga menyampaikan akan bahaya dari melanggar peraturan lalu lintas.

"Kita sampaikan faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Lalu, apa saja yang harus dilakukan atau disiapkan sebelum berkendara di jalan raya," kata Ratna.

Di tempat yang sama, mewakili kepala sekolah bidang pengendalian mutu, Lady, menyambut baik kedatangan tim Safety Riding.

"Pelatihan tertib berlalu lintas ini baru pertama kali dilakukan di sekolah kami. Saya berharap program Safety Riding ini bisa menjadi agenda yang berkelanjutan," kata Lady berharap.

Di tambahkannya, para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, sehingga kedepan kerjasama dapat lakukan. Karena latihan ini untuk menambah wawasan anak-anak sekolah.

Terpisah, Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser mengatakan bahwa program Safety Riding adalah salah satu cara mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat, khususnya kepada anak sekolah.

Sehingga dia mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, juga mampu menekan angka korban kecelakaan pada usia muda.

Apalagi saat ini dapat dilihat cukup banyak anak sekolah atau pelajar yang mengendarai kendaraan bermotor, meski belum memiliki surat izin mengemudi (SIM).

"Tidak hanya mengunjungi sekolah sekolah dan kampus, namun pelatihan juga bisa kita berikan kepada instansi lain. Dan kegiatan ini sudah berjalan dengan baik yang kita laksanakan setiap pekan," tambah Rinaldo Aser.(ig)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index