Gubri Sebut Sebanyak 193 ODGJ Yang Dipasung di Riau

Jumat,20 Oktober 2017 - 14:44:24 WIB Di Baca : 1815 Kali

Riauaktual.com - Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau tahun 2016, sebanyak 193 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung di Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan langsung oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman saat memberikan sambutan pada Pekan Olahraga, Kesenian Rehabilitasi Mental (Porkesremen) dan Jambore Kesehatan Jiwa VI tingkat nasional di RSJ Tampan Pekanbaru, Jumat (20/10/2017).

Dikatakan Gubri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendorong seluruh insan kesehatan agar selalu menjaga integritas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak terkecuali orang dengan gangguan jiwa. 

Hal ini diharapkan dapat menurunkan angka penderita gangguan kejiwaan di Riau. Dari data RSJ Tampan Riau jumlah pasien pasung yang di rawat di tahun 2016 berjumlah 54 orang.

"Kita berharap di tahun 2017 ini akan mengalami penurunan yang signifikan khususnya orang dengan gangguan jiwa yang dipasung di Riau," ungkapnya

Untuk itu, ia pun mengajak seluruh instansi terkait untuk menghormati hak-hak Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa.

"Ini untuk menurunkan angka penderita gangguan jiwa melalui pelayanan kesehatan yang baik," ujarnya.

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com