Bagi Kamu Yang Sulit Membedakan Singa Laut Dan Anjing Laut, Berikut Penjelasannya

Bagi Kamu Yang Sulit Membedakan Singa Laut Dan Anjing Laut, Berikut Penjelasannya

Riauaktual.com - Banyak yang tidak tahu kalau sebenarnya anjing laut dan singa laut merupakan dua jenis mamalia yang berbeda.

Keduanya memang suka berenang. Bentuknya juga mirip sekali sehingga tidak heran jika orang-orang sering tertukar. Bagaimanapun, ada beberapa ciri fisik yang membuat mereka berbeda.

Lalu, apa saja perbedaannya? Nah, kita cari tahu, yuk!

Daun telinga

Perbedaan yang pertama ada di sekitar kepala, yaitu daun telinga.

Anjing laut memiliki telinga di kedua sisinya, namun tidak ada daun telinga. Sebaliknya singa laut mempunyai daun telinga dengan bentuk yang memanjang.

Sirip

Anjing laut memiliki sirip depan yang pendek, bercakar, dan berbulu. Jika kamu perhatikan lebih seksama, anjing laut tidak bisa menekukkan sirip belakangnya ke depan karena ukurannya yang pendek.

Sedangkan, singa laut memiliki sirip depan yang panjang, berkuku pendek, dan tidak berbulu. Tidak seperti anjing laut, singa laut bisa menekukkan sirip belakangnya ke depan.

 

Cara berdiri

Perbedaan anjing laut dan singa laut berikutnya bisa kamu lihat saat mereka berdiri.

Anjing laut memang pandai berenang, tapi ia tidak bisa berdiri di darat dan lebih memilih berbaring jika berada di daratan.

Berbeda dari anjing laut, singa laut bisa berdiri di darat menggunakan sirip depannya. Bahkan, ia juga bisa berjalan dengan menekuk sirip belakangnya ke depan. (Wan)

 

Sumber: manado.tribunnews.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index