TNI AD Latihan Posko I Tanggulangi Karlahut

TNI AD Latihan Posko I Tanggulangi Karlahut
Para prajurit Korem 031/WB saat dipasangkan tanda sebagai peserta Latihan Posko I 2017, Kamis (19/10). Foto Penrem 031/WB

Riauaktual.com - Prajurit Korem 031/Wirabima di Pekanbaru, Riau, melaksanakan Latihan Posko I Tahun 2017, Kamis (19/10).

Kegiatan tersebut adalah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah Provinsi Riau.

Rencananya, latihan ini akan dilaksanakan selama tiga hari yang berakhir pada Sabtu (21/10) besok.

Sementara itu Latihan Posko ini di buka langsung oleh Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Tiopan Aritonang di Aula Makorem 031/WB.

"Latihan Posko I adalah untuk mengantisipasi kesiapan personel dan koordinasi dengan instansi lainnya dalam mengantisipasi karlahut," kata Tiopan Aritonang dalam memberikan pengarahan kepada prajurit TNI AD tersebut.

Menurut dia, tidak ada tugas yang berhasil tanpa persiapan dan latihan yang benar sesuai dengan aturan dan disiplin.

Tiopan menyampaikan kepada para prajurit agar dalam latihan ini dilaksanakan sebaik mungkin.

"Sadari bahwa saat ini Kita tengah menghadapi bencana kebakaran hutan yang perlu penanganan dan penyelesaian yang baik. Karena dalam latihan ini pula kita dapat mempersiapkan diri dan satuan apabila hal ini terjadi," ungkap Tiopan.

Dia juga menjelaskan bahwa prajurit harus mengerti bagaimana cara melibatkan unsur-unsur di luar TNI seperti Polri, Pemda, serta instansi terkait lainnya.

"Koordinasi terus berjalan dengan stakeholder yang ada. Sehingga penanggulangan kebakaran hutan dapat di selesaikan dengan baik," tegasnya.

Sementara itu, dalam Latihan Posko ini, Korem 031/WB menjadi pelaksana latihan. Sedangkan Kodam I/BB bertindak sebagai penyelenggara dan penilai latihan. (IG)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index