Mobil Honda Brio terbakar (Foto: Istimewa)

Simpan Powerbank Bisa Bikin Mobil Terbakar? Ini Kata Honda

Rabu,27 September 2017 - 00:50:43 WIB Di Baca : 2113 Kali

Riauaktual.com - Awal September ini media sosial sempat diramaikan soal kabar mobil Honda Brio yang terbakar secara misterius di Tambun, Bekasi. Penyebabnya sempat disebut-sebut dari powerbank, namun hal itu sudah dibantah oleh sang pemilik mobil.

Tetapi apakah bisa powebank yang diletakkan di dalam mobil menjadi penyebab kebakaran?

"Kalau secara teori itu api akan muncul kalau ada hubungan pendek gitu ya, kayak kita taruh power bank gitu kalau misalnya nggak diapa-apain ya harusnya nggak kenapa-kenapa karena nggak ada listrik yang berjalan," ungkap Asisten Manager Public Relation PT Honda Prospect Motor (HPM) Julian Karfili di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

"Cuma di dalam mobilnya sendiri selalu ada listrik yang berjalan nah itu kalau misalkan ada masalah di kabel atau instalasi bahkan tanpa arus nyala mobil bisa aja berpotensi (terbakar)," katanya lagi, sebagaimana dikutip dari detikOto.

Menurut Arfi setiap mobil Honda yang keluar dari pabrik pastinya sudah melalui serangkaian tes kualitas kendaraan dan memenuhi standar yang ditetapkan. Sehingga kemungkinan terjadinya mobil terbakar dengan sendiri tanpa ada unsur listrik sangat kecil.

"Makanya semua mobil yang keluar dari pabrik sudah QC (Quality Control). Kabelnya udah standar kelistrikan udah standar, dalam kondisi normal seharusnya potensinya kecil," imbuhnya.


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com