Pemkab Inhu Tetapkan Pilkades Serentak 9 Desember 2017

Pemkab Inhu Tetapkan Pilkades Serentak 9 Desember 2017
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Salah satu tindak lanjut dari pengesahan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Aparat Desa, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah merancang tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) tahun 2017 ini, salah satunya adalah penetapan pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2017 mendatang.

"Rancangan tahapan sudah mulai disusun, saat ini tinggal persetujuan pimpinan dalam hal ini Bupati Inhu H Yopi Arianto SE,” ujar Kasubag Bina Pemerintahan Desa Eva Elma SSos sebagaimana dilansir dari Website Resmi Inhu swarainhu.com,selasa (26/9/2017).

Menurutnya, sesuai rencana rancangan tahapan pilkades ini akan dikoordinasikan dengan Asisten I, Sekeretaris Daerah dan selanjutnya bersama Bupati Ingu. Ketika rancangan pilkades serentak ini dapat disetujui, dilanjutkan dengan sosialisasi dan pelaksanaan sesuai tahapan.

Perencanaan pelaksanaan pilkades serentak pada tanggal 9 Desember 2017, mengacu kepada rencana pelaksaan pilkades dengan sistim e-voting disalah satu desa.

"E-voting ini juga menggunakan anggaran tersendiri. Makanya diajukan di APBD Perubahan 2017 ini dengan harapan dapat disetujui DPRD," katanya.

Sedangkan untuk pelaksanaan e-voting sendiri, sesuai rencana awal akan diterapkan di Desa Buluh Rampai, Kecamatan Seberida.

"Hal ini mengacu kepada berbagai persyaratan yang dapat terpenuhi oleh Desa Buluh Rampai terutama kelengkapan sarana dan prasarana penunjang," jalasnya.

Ketika e-voting ini dapat dilaksanakan dengan mengambil contoh di Desa Buluh Rampai, banyak keuntungan dan kemudahan, dimana melalui program e-voting dapat menepis berbagai kecurangan dan hasil pemilihan cepatnya diketahui.

Untuk itu harapnya, ketika dalam pelaksanaan program e-voting ini tidak ada kendala, kedepannya untuk pelaksanaan pilkades akan diterapkan secera keseluruan pilkades memakai e-voting.

“E-voting juga melibatkan berbagai OPD lainnya seperti Dinas Kominfo, Dinas Capil dan lainnya,” sebutnya. (Ruslan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index