Ada 2 Jemaah Hilang Puluhan Hari di Mekah, Hingga Kini Masih Dicari

Ada 2 Jemaah Hilang Puluhan Hari di Mekah, Hingga Kini Masih Dicari
Foto: Jemaah melempar Jumrah. (Triono S/detikcom).

Riauaktual.com - Dua jemaah haji Indonesia terpisah dari rombongan di Mekah. Keberadaan keduanya belum diketahui. Petugas haji masih terus mencari.

Dua jemaah itu adalah Atim Arta Ota (62), warga Bogor, Jawa Barat, dan Hadi Sukma Adsani (73), warga Tulang Bawang, Lampung. Atim terpisah dari rombongannya, kelompok terbang (kloter) embarkasi 56 Jakarta-Bekasi (JKS 56) saat beribadah di Masjidil Haram pada Selasa, 15 Agustus 2017. Sedangkan Hadi yang merupakan jemaah kloter 37 embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 37) hilang saat mabit (bermalam) di Mina untuk melempar jumrah pada Sabtu, 2 September 2017.

"Sudah kami laporkan ke kepolisian," kata Kepala Satuan Operasional Armina (Arafah-Muzdalifah-Mina), Jaetul Muchlis, Senin (25/9/2017) kemarin.

Jaetul menjelaskan selama gelar operasi Armina, 383 jemaah terpisah dari kloternya. Hanya Atim dan Hadi yang hingga saat ini belum ditemukan.

"Pencarian (Atim dan Hadi) dilakukan sejak pra-Armina (sebelum puncak haji 30 Agustus-5 September), lalu dilanjutkan pasca-Armina (6–18 September)," tutur Jaetul yang merupakan perwaira TNI AU berpangkat Kolonel ini.

Sementara itu, Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah, Nasrullah Jasam, mengatakan laporan jemaah hilang sudah diterima sejak lama. Petugas sudah dan terus mencari.

"Kami masih melakukan penelusuran hingga saat," ucapnya.

Pencarian akan tetap dilakukan meski operasional haji tahun ini akan berakhir. Saat ini, sebagian besar jemaah telah meninggalkan Mekah.

Mereka diterbangkan ke Tanah Air, sisanya bergeser ke Madinah. Pergeseran terakhir jemaah dari Mekah ke Madinah dilakukan pada Selasa (26/9) ini.

 

Sumber : detik.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index