Keistimewaan Wanita Hamil Dalam Islam

Keistimewaan Wanita Hamil Dalam Islam
Ilustrasi wanita Muslim Mengandung (Foto: Kandora)

Riauaktual.com - SALAH satu keistimewaan menjadi seorang wanita adalah memiliki rahim yang memungkinkan untuk hamil dan melahirkan bayi. Meski hamil terkadang menyulitkan, namun saat hamil wanita juga mendapat pahala atas perhatian yang diberikan dalam menjaga kandungan.

Dalam beberapa hadits dan ayat di Alquran, wanita hamil sangat dimuliakan. Wanita yang sedang hamil mendapat pahala lebih banyak daripada wanita yang tidak sedang hamil.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tahukah kalian, siapa orang yang mati syahid di kalangan umatku?” beliau menjawab, orang yang mati syahid di kalangan umatku cuma sedikit. Orang yang mati berjihad di jalan Allah, syahid, orang yang mati karena Tha’un, syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena sakit perut, syahid. Dan wanita yang mati karena nifas, dia akan ditarik oleh anaknya menuju surga dengan tali pusarnya.” (HR. Ahmad : 15998)

Lebih dari itu, Rasulullah SAW bersabda, bahwa wanita subur lebih baik dipilih karena mereka dapat memberikan keturunan. Dari Ma’qil bin Yasar radhiyallahu ‘anhu, pernah ada orang yang mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menyampaikan keinginannya,

“Saya mencintai seorang wanita cantik dan dari keluarga terhormat. Namun dia mandul. Bolehkah saya menikah dengannya?” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Jangan.”

Kemudian orang tersebut datang untuk kedua kalinya, menyampaikan hal yang sama dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tetap melarang. Hingga yang ketiga kali, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Menikahlah dengan wanita yang penyayang dan subur, karena saya membanggakan banyaknya kalian pada seluruh umat. (HR. Abu Daud 2050, Nasai 3227 dan dishahihkan al-Albani). Demikian dikutip dari berbagai sumber.

 

(Okezone)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index