PLTU Berbahan Bakar Limbah Sawit Akan Dibangun Di Pekanbaru

PLTU Berbahan Bakar Limbah Sawit Akan Dibangun Di Pekanbaru
Walikota Pekanbaru Firdaus MT

Riauaktual.com - Sebagaimana diketahui, hampir setiap wilayah di Provinsi Riau ditemukan perkebunan sawit. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, dalam waktu dekat akan mendirikan sebuah pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang berbahan bakar limbah kelapa sawit dengan berkapasitas 2x10 megawatt.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT di Pekanbaru, mengatakan bahwa jika di tidak ada kendala di Pekanbaru akan berdiri PLTU.

"(Dalam operasinya) mereka akan memanfaatkan cangkang sawit, yang keberadaannya tidak akan pernah habis di Riau," kata

Menurut Firdaus, proyek pembangunan PLTU dengan nilai investasi mencapai Rp300 miliar tersebut diharapkan dapat mulai dibangun pada tahun ini.

"Ini menunjukkan jika Provinsi Riau, khususnya Pekanbaru sangat kondusif bagi pelaku usaha untuk berinvestasi," ungkapnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru, M. Jamil, ketika ditemui diruang kerjanya, mengatakan jika PLTU tersebut rencananya akan dibangun di lahan seluas 1,7 hektare. Lokasi pembangunan berada di Teluk Lembu, Kecamatan Tenayan Raya dengan nilai investasi sebesar Rp300 miliar.

"Investornya ini merupakan pengusaha Pekanbaru, namun sekarang dia di Jakarta," ujarnya.

Jamil menjelaskan, bahwa sebelum membangun PLTU. Investor tersebut telah memiliki dua pabrik kelapa sawit di Riau.

"Selain berkoordinasi dengan Pemko Pekanbaru terkait pembangunan PLTU. Investor ini juga telah berkoordinasi dengan PLN. Bahkan mereka sudah melakukan perhitungan kapasitas dan harga jual dengan PLN," urainya.

Sebagaimana diketahui, Pemko Pekanbaru tahun ini menargetkan dapat menjaring investasi sebesar Rp1,2 triliun. Namun, pada triwulan ketiga 2017 ini mencapai Rp4,2 triliun.

"Sebenarnya besaran nilai investasi tersebut diluar perkiraan kita (Pemko Pekanbaru red) . Namun, dia mengatakan bahwa bentuk investasi tersebut merupakan implementasi kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Pekanbaru," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index