Gerai UMKM IKROHIL Duri Resmi Dibuka

Gerai UMKM IKROHIL Duri Resmi Dibuka
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, diapit oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan Bupati Rohil Suyatno, Ketua Umum Ikrohil Sanusi, sedang memasuk

Riauaktual.com - Senin (25/9/2017), telah dilakukan peresmian gerai UMKM Ikrohil Duri, bertempat di gedung kantor Ikrohil, Jalan Jendral Sudirman Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Hadir pada acara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Bupati Rokan Hilir Suyatno AMP, Plt Camat Mandau Basuki Rahmad AP MSi, beberapa anggota DPRD Bengkalis, beberapa Kepala Dinas Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir, Kepala UPTD, beberapa Lurah/ Kades, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan segenap pengurus Ikrohil Duri.

Ketua Umum Ikrohil Sanusi SH MSi mengatakan, bahwa dengan hadirnya gerai UMKM Ikrohil ini, adalah dengan adanya kesepakatan bersama pengurus dan usulan masyarakat Rohil di Mandau untuk membuka usaha dibidang kerajinan tangan.

"Saya pernah ke daerah Jawa di Garut, dimana masyarakatnya kelihatannya Makmur, walaupun penghasilan utamanya dari pertanian. Namun dengan adanya usaha kerajinan mereka melalui UMKM, maka terkenal hasil kerajinan mereka yaitu dodol Garut. Kami sangat mengharapkan bimbingan dan petunjuk dari bapak/ibu yang sudah berpengalaman dibidang UMKM, demi kemajuan usaha UMKM kami ini," pungkasnya.

Sementara, Bupati Amril Mukminin mengucapkan selamat kepada Ikrohil yang sudah melakukan usaha dibidang UMKM untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Hal ini akan dapat memicu munculnya pengusaha-pengusaha kecil yang memiliki kemampuan, dedikasi, dan inovatif. Untuk membantu modal usaha ini, saya sumbangkan dana sebesar Rp15 juta," kata Amril.

Kemudian Bupati Rohil Suyatno mengatakan, masyarakat Rohil sangat antusias dalam membuka usaha kecil dan menengah. Ada syaratnya, yang pertama sumberdaya manusianya, kedua modalnya harus ada.

"Kami sangat berterimakasih dan apresiasi atas kegiatan ini, karena nampak, selama satu tahun sudah ada bukti kegiatannya. NKRI satu, Pancasila ada satu, bendera merah putih, jadi kita harus bersatu, tak memandang dari suku mana, baik itu Jawa, Batak, Melayu, Minang dan sebagainya, yang penting kita bersatu untuk memajukan daerah. Satu setengah miliar uang operasional Bupati, ini tidak cukup tapi harus dijalankan juga tugas itu. Jadi dari kami menyumbang dana sebesar Rp20 juta untuk usaha ini," terangnya.

Terakhir Gubernur Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, jalan tol Pekanbaru - Dumai - Rohil, mudah-mudahan akan selesai tahun depan. Jalan ini akan dipergunakan oleh semua orang. Kedepanya dari Dumai ke Pekanbaru hanya 2 jam , dan dari Rohil ke Pekanbaru 3 jam.

"Untuk UMKM ini, merupakan tanggung jawab pemerintah, saya mendapat dari database bahwa kegiatan ekonomi kerakyatan nilainya plus," ujar Gubernur.

Usaha di Duri ini, lanjut Gubernur lagi, banyak yang harus digali, yang penting ada usaha. Khususnya bidang pariwisata. "Kita tak perlu membangun yang mewah, karena untuk pariwisata itu, perlu usaha ekonomi yang kreatif, bangun saja penginapan yang nyaman, jadi tak perlu bangun hotel yang besar. Pemerintah Riau sedang mensosialisasikan rencana pembangunan jalan tol dan kereta api untuk jalan Pekanbaru, Duri, Dumai dan Rohil serta Rantau Prapat Sumatera Utara.Semoga UMKM Ikrohil bermanfaat dan pelopor bagi masyarakat, saya sumbangkan dana 25 juta," sebut Gubernur. (jl)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index