Minta Anggaran Rp100 Miliar, Kementan Beli Sperma Sapi Brasil

Minta Anggaran Rp100 Miliar, Kementan Beli Sperma Sapi Brasil
Foto Mentan Amran (Lidya/Okezone)

Riauaktual.com -  Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi impor agar dapat mewujudkan swasembada, mulai dari daging sapi hingga bahan pangan lainnya.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan pihaknya juga akan kembali membeli sperma sapi dari luar negeri untuk mengurangi impor daging. Sebelumnya Indonesia mengimpor sperma sapi Asia Tenggara. Tahun depan akan membeli sperma Sapi Brasil.

Dia memaparkan bahwa setelah melakukan penelitian, sapi di Brasil ternyata memiliki berat di atas rata-rata sapi di Indonesia. Satu ekor sapi Brasil bisa mencapai hingga 2 ton. Sementara bobot sapi di Indonesia ada yang hanya 400 kilogram (kg), sehingga ia meminta izin kepada Presiden Jokowi untuk memperoleh anggaran Rp100 miliar untuk membeli sperma sapi Brasil.

Selain itu, Mentan Amran memaparkan, bahkan saat ini pihaknya sudah melakukan program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab). Sehingga dengan program ini maka sapi yang ada di Indonesia diwajibkan bunting.

"Untuk mencapai swasembada, kami yakin bisa lebih cepat. Program Siwab, enggak boleh (sapi) berkeliaran di Indonesia kalau tidak bunting. Tahun lalu 1,4 juta ekor sapi yang lahir. Nilainya selama 2 tahun itu Rp70 triliun," tukasnya.


Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index