Warga Keluhkan Macet Panjang di Sudirman Pekanbaru, Jarak 2 KM Ditempuh 30 Menit

Warga Keluhkan Macet Panjang di Sudirman Pekanbaru, Jarak 2 KM Ditempuh 30 Menit

Riauaktual.com - Warga yang melintas jalan protokol Sudirman ramai-ramai mengeluhkan kemacetan panjang yang terjadi siang hingga jelang sore. Sumber kemacetan adalah adanya kegiatan pesta pernikahan di dua hotel berbintang yang ada di sepanjang jalan Sudirman. Ahad (24/9).

"Macetnya sudah terjadi sejak sebelum jam 12 siang tadi," kata salah seorang pedagang yang mangkal di trotoar Sudirman, Bu Mira.

Pintu masuk dan keluar dua hotel ini terlihat antrian kendaraan masuk dan keluar.  Hotel dimaksud adalah Hotel Pangeran dan Grand Central. Akibat dari antrian masuk hotel yang di dalamnya ada acara pesta, berdampak pada Macetnya lalulintas di jalan Sudirman.

Ratusan kendaraan roda empat, terlibat antrian macet. Dapat di bayangkan, mulai dari ujung flyover nangka sampai fly over harapan raya. Kendaraan padat merayap melewati macet. Bahkan ada dua mobil ambulan harus susah payah keluar dari kemacetan.

Herannya, meski sudah macet panjang begitu, hanya terlihat satu orang polisi lalulintas yang berdiri, walau tidak ada yang dibuatnya karena nampak kesulitan mengurai kemacetan yang terjadi.

"Macet seperti ini sering terjadi saat libur dan akhir pekan. Dan sering juga terjadi saat ada acara besar di hotel hotel berbintang di jalan Sudirman ini," kata Didi warga Panam.

Meski sudah terjadi macet, atau sudah menjadi langganan macet setiap akhir pekannya,  dan ini juga sudah lama terjadi bukan saat ini saja, tapi belum ada solusi yang dilakukan Pemko maupun Polantas.

"Untuk menempuh fly over ke fly over nangka dan harapan raya kami harus menghabiskan waktu sekitar 30 menit baru tembus, biasanya cuma 1-2 menit dalam kondisi normal," kata Piya warga Kecamatan Tampan yang juga terjebak macet.

Macet panjang ini masih terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Dan kondisi nya tidak hanya macet dampak didepan pintu masuk dua hotel berbintang itu, yang riak nya mencapai lebih kurang 2 km dari fly over ke fly over, akan tetapi dari arah berlawanan juga macet, tepatnya didepan hotel grand central.

Disebabkan kendaraan berhenti sembarangan, sehingga membuat penyempitan, dan berjuang macet. Terlihat lalulintas sore itu semrawut, pengemudi diuji kesabarannya, dan dipastikan semua waktu janjiannya jadi molor.

Menanggapi kemacetan ini, Fikri Wahyudi Hamdani salah seorang anggota DPRD kota Pekanbaru pun menyayangkan, meski sudah sering terjadi kemacetan di Sudirman ini, tapi solusi belum juga ada di ciptakan oleh Pemerintah.

"Kita kasihan, pasti banyak masyarakat yang terganggu dengan kondisi ini. Baik secara ekonomi maupun kepentingan umumnya," kata Fikri.

Untuk itu, dengan kondisi ini juga, dia mempertanyakan seperti apa perizinan yang diberikan Pemko, apakah tidak ada kajian mendalam sebelum kondisi krodit setiap akhir pekan ini dikeluhkan.

"Kita minta Pemko atau bidang yang menyangkut soal Andal Lalin Dishub untuk mengecek dan mengevaluasi izin dan legal dari hotel yang berada di jalan Sudirman, dan juga ini berlaku untuk semua hotel yang berasa di pinggir jalan," ungkapnya. (tiar)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index