Techno Trick: Yuk Intip! Cara Mudah Amankan Obrolan Media Sosial Anda

Techno Trick: Yuk Intip! Cara Mudah Amankan Obrolan Media Sosial Anda
(Foto: Gizbot)

Riauaktual.com - Karena aktivitas cybercriminal, orang sekarang lebih peduli dengan keamanan yang menyangkut aplikasi pesan yang digunakan akhir-akhir ini. Sebagian besar dari mereka biasanya berbagi konten pribadi dengan teman dan orang terdekat melalui aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Facebook.

Sementara keduanya menawarkan fitur enkripsi end-to-end untuk mengamankan obrolan pribadi. Terdapat beberapa aplikasi lain yang tidak menyediakan fitur tersebut. Dalam upaya untuk mengamankan obrolan pada media sosial Anda, Anda dapat mengunduh aplikasi Keybase.

Keybase merupakan platform messaging gratis dengan open-source. Keybase memiliki integrasi media sosial ke layanan obrolan yang terenkripsi.

Dengan aplikasi ini Anda tidak perlu bertukar nomer telefon, email atau sejenisnya. Yang menjadi daya tariknya jika Anda menggunakan aplikasi ini username atau identitas Anda berasal dari akun publik yang sudah Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Reddit, dan Github.

Anda hanya cukup cantumkan username Facebook seseorang, maka Anda bisa langsung mengiriminya pesan yang terenkripsi lewat Keybase. Tentunya, penerima juga harus menggunakan aplikasi Keybase. Selebihnya, Keybase bekerja seperti aplikasi pesan instan pada umumnya.

Dilansir dari Gizbot, Sabtu (23/9/2017), ini beberapa langkah mudah mengamankan obrolan pribadi Anda menggunakan Keybase.

Pertama, Anda dapat mengunduh aplikasi lewat https://keybase.io/download pada komputer, atau Anda bisa mengunduhnya di PlayStore, AppStore, Windows, macOS, dan Linux. Setelah selesai menginstal aplikasi, Anda dapat pergi ke menu Setup atau Setting dan menginstal aplikasi.

Klik ‘Ya’ jika muncul opsi permintaan dan dapat membuat akun gratis untuk aplikasi tersebut. Langkah ketiga, untuk menggunakan aplikasi ini dan terhubung dengan akun media sosial Anda, Anda perlu melakukan verifikasi akun Anda melalui aplikasi desktop.

Setelah Anda memverifikasi akun, hal tersebut akan mem-posting sesuatu pada dinding akun Anda dari situs mana pun yang ingin Anda verifikasi. Langkah berikutnya, Anda harus memverifikasi dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan pada aplikasi Keybase.

Setelah mengikuti instruksi, Anda juga harus memasukkan username atau nama pengguna media sosial Anda untuk memulai proses enkripsi. Selain itu, Anda juga bisa menginstal add-on untuk browser Chrome dan Mozilla Firefox.

Setelah Anda menginstal, Anda akan melihat tombol Keybase di berbagai situs media sosial. Selanjutnya, untuk mengenkripsi obrolan Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengklik tombol obrolan Keybase.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index