Gunung Agung Awas, Masyarakat Diimbau Tenang dan Jangan Terpancing Isu

Gunung Agung Awas, Masyarakat Diimbau Tenang dan Jangan Terpancing Isu
Gunung Agung. Foto/Dok Okezone

Riauaktual.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan mengambil langkah-langkah penanganan antisipasi menghadapi letusan dan penanganan pengungsi terkait dengan peningkatan status Gunung Agung, dari Siaga menjadi Awas.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Kepala BNPB Willem Rampangilei bersama pejabat terkait telah berada di Bali untuk berkoordinasi dengan Gubernur Bali dan Bupati terkait. "Posko nasional segera diaktivasi untuk memberikan pendampingan pemerintah daerah," ujar Sutopo dalam rilisnya, Jumat (22/9/2017) malam.

Sutopo menambahkan, bantuan logistik dan peralatan segera didorong ke titik-titik pengungsian. Rapat koordinasi antarkementerian, lembaga, dan unsur lainnya akan segera dilakukan.

BNPB dan BPBD sedang menyiapkan rambu-rambu jarak radius yang akan segera dipasang di tempat-tempat strategis agar masyarakat dapat mengetahui posisi di radius aman atau berbahaya.

"Masyarakat diimbau untuk tenang. Jangan terpancing pada isu-isu yang menyesatkan. Hingga saat ini Gunung Agung belum meletus. Pemantauan diintensifkan," kata Sutopo.

 

Sumber : sindonews.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index