Ini Penjelasan soal Fenomena Awan Jatuh di Raja Ampat

Ini Penjelasan soal Fenomena Awan Jatuh di Raja Ampat
Fenomena awan atau salju jatuh di Raja Ampat yang membuat heboh warga dan sempat viral di medsos. Foto MNC Media/Chanry AS.

Riauaktual.com - Fenomena alam adanya awan atau salju yang turun di Kampung Warsambin, Distrik Teluk Manyalibit, Raja Ampat yang membuat heboh warga dan sempat viral di media sosial ternyata bukanlah seperti yang diberitakan dan viral di media sosial.

Danramil 1704/03 Saonek Raja Ampat, Mayor Inf Wahlin Rahman mengatakan, dicek dari hasil pantauan secara langsung di TKP fenomena tersebut bukanlah awan atau salju melainkan busa yang terbentuk dari hasil getah pepohonan dan air hujan yang membentuk seperti gumpalan awan atau salju.

"Jadi foto yang di koran dan viral di media sosial tersebut bukanlah salju melainkan busa air. Menurut masyarakat setempat busa tersebut diakibatkan karena ada getah pohon bintang gur terkena air hujan sehingga membentuk suatu busa yang berwarna putih dan agak lengket, " jelas Mayor Inf Ruslan, sebagaimana dikutip dari sindonews.com.

Hal tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat setempat berjumlah empat orang diantaranya Moses Mayalibit, Rumbewas, Supriyatno dan Gaman.

Info itu kemudian ditindakanjuti dengan pengecekan di lapangan oleh anggota Koramil 1704/03 Saonek Raja Ampat.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, Mayor Ruslan menyerahkan hal tersebut kepada pihak berwenang untuk mengecek dampak dari munculnya busa-busa air tersebut apakah berbahaya kepada masyarakat atau tidak.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index