Patung Kepala Naga yang Aneh Ditemukan di Gunung Lalakon Bandung

Patung Kepala Naga yang Aneh Ditemukan di Gunung Lalakon Bandung
Batu berbentuk kepala naga berbelalai di Museum Sri Baduga Bandung. Foto: Istimewa.

Riauaktual.com -  Museum Sri Baduga Bandung menerima sebuah patung kepala naga berbelalai gajah dari warga di kaki Gunung Lalakon, Kecamatan Cipatik, Kabupaten Bandung. Bagian perutnya berbalut ornamen gelang dengan hiasan batu yang diduga seperti permata.

Kepala Museum Sri Baduga Esther Miori Dewayani mengatakan, awalnya beberapa warga datang ke kantor pertengahan Agustus lalu. Mereka melaporkan temuan sambil menunjukkan foto-foto patung. "Kami tindak lanjuti ke lokasi akhir Agustus lalu," kata Esther, Rabu, 20 September 2017.

Tim arkeologi museum bergerak ke lokasi dan menemui warga penemu patung. Benda itu diserahkan ke petugas, kata Esther, dalam kondisi telah dibersihkan warga. Museum menyimpannya untuk kemudian diserahkanke Balai Arkeologi Bandung pekan depan untuk diteliti lebih lanjut. "Perlu dipastikan asli tidaknya, serta umur benda tersebut," ujar Esther.

Benda seberat 25 kilogram sepanjang 115 sentimeter tersebut diduga terbuat dari bahan terakota atau gerabah. Bagian kepala dan ekor yang bersisik berbahan batu dengan campuran gipsum pada bagian badan. "Diperkirakan benda ini peninggalan abad ke-14 hingga 15 Masehi pra-Islam," kata Esther.

Menurut Esther, benda itu peninggalan masa Hindu-Budha. Fungsinya sebagai penanda ke tempat sakral seperti makam. "Kalau soal penggalian, itu menjadi tugas dan wewenang pemerintah daerah," ujarnya.

 

Sumber : tempo.co

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index