Besok, KIP Riau Dilantik di Ruang Melati Gedung Gubernur

Besok, KIP Riau Dilantik di Ruang Melati Gedung Gubernur
illustrasi (int)

RIAU (RA) - Besok pagi Rabu (30/01/2013) Komisi Informasi Provinsi (KIP) Riau untuk kepengurusan 2013-2016 akan dilantik secara langsung oleh Gubernur Riau di Ruang Melati  Kantor Gubernur Riau.

Dalam KIP ini sudah didapatkan lima orang komisioner yang terdiri dari 3 unsur masyarakat dan 2 unsur pemerintah. Lima komisioner tersebut yakni, Mahyudin Yusdar, Tedi Boy, Said Jailani dari unsur masyarakat. Sedangkan unsur pemerintah yakni, Drs H Taslim dan Hj Nurhayana SH. Kelima komisioner ini merupakan hasil  seleksi dari 32 orang yang telah mengajukan untuk menjadikan komisioner. Termasuk seleksi publik, debat dan seleksi lainya.

Demikian hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Provinsi Riau, Ahmad Sharoffie ketika dikonfirmasi pada Selasa (29/01/2013). Dikatakannya, KIP Riau ini merupakan lembaga yang didirikan untuk bertugas memediasi dan menyelesaikan permasalahan sengketa informasi antara masyarakat dengan badan publik dan antara badan publik dengan publik.

"Sengketa yang dimaksudkan ada 4 katagori diantaranya, informasi yang harus disediakan oleh badan publik setiap saat, secara serta merta, informasi yang diperlukan masyarakat dan Informasi yang dikecualikan," katanya.

Didirikanya lembaga tersebut berdasarkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi pulik dimana tingkat pusat dan disetiap Provinsi diwajibkan untuk memiliki badan tersebut. Sedangkan untuk tingkat Kabupaten tidak diwajibkan.

"Setelah dilantik kelima anggota tersebut harus melakukan rembukan untuk memilih siapa yang menjadi ketua dan anggota nantinya," pungkasnya.

Laporan: Dani
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index