Perekaman E-KTP di Rohil Alami Peningkatan

Perekaman E-KTP di Rohil Alami Peningkatan
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir terus diramaikan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan E-KTP. Dari data tercatat perekaman E-KTP hingga bulan Agustus 2017, terus mengalami peningkatan hingga 87.54 persen atau sekitar 369, 646 jiwa.

"Kita terus berbenah agar pelayanan dapat maksimal. Sebab masyarakat yang ingin mendapatkan kartu identitas diri itu tentu sangat memerlu. Maka pelayanan juga harus ditingkatkan sesuai dengan keinginan masyarakat agar dapat cepat selesai," kata Kadisdukcapil Rohil Basaruddin.

Menurutnya, saat ini perekaman E-KTP terus mengalami peningkatan, yakni warga dari berbagai kecamatan terus berdatangan untuk melakukan perekaman.

"Artinya, warga sudah sadar arti pentingnya identitas diri pribadi, makanya banyak warga yang datang beramai-ramai untuk melakukan pengurusan EKTP," jelasnya.

Basaruddin mengaku, pihaknya dalam waktu dekat akan bekerjasama dengan dinas pendidikan untuk melakukan pendataan langsung bagi siswa yang sudah berusia 17 tahun.

"Jadi, siswa yang sudah diketahui berusia 17 tahun akan langsung dilakukan perekaman. Saya juga yakin dalam waktu dekat perekaman bisa 100 persen," ungkapnya.

Dia juga mengakui kalau banyak kendala yang dihadapi oleh pihaknya. Seperti adanya keluarga terdekat tidak melaporkan jika salah seorang warga meninggal dunia, padahal warga tersebut terdata menjadi wajib EKTP.

"Mengenai tersendatnya kedatangan blangko perekaman dan kehabisan tinta juga menjadi kendala," sebutnya. (zuf)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index