Jangan Jual Mahal! Bisa Susah Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Jangan Jual Mahal! Bisa Susah Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
Ilustrasi: Shutterstock

Riauaktual.com - Kemanakah kamu melangkah ketika lulus kuliah nanti? Ingin lanjut kuliah S2 atau bekerja? Banyak di antara kita pasti memilih bekerja. Wajar saja, mungkin Anda ingin mendapatkan pengalaman baru di dunia kerja.

Tenang saja, semua kebosanan, penat, dan galau saat kuliah, terlewati ketika kamu lulus kuliah. Namun, kegalauan tersebut akan terus berlanjut. Malah semakin parah ketika kamu harus menghadapi sulitnya mencari pekerjaan. Hal tersebut sering kali membuatmu berpikir kembali “kuliah atau kerja?” Baiklah, hidup ini diisi oleh suka duka dan canda tawa. Tetapi, suka dan tawa akan berubah menjadi kepedihan ketika kamu masih menganggur. Sedangkan, teman seperjuangan telah menikmati gaji pertama, kedua bahkan ketiganya.

Bingung kenapa belum mendapat pekerjaan? Intip alasan mengapa kamu sulit mendapat pekerjaan di bawah ini.

1. Terlalu Pesimis

Takut sebelum mencoba adalah ciri-ciri orang yang sulit maju. Wajar kalau kamu merasa dirimu tidak pantas untuk bekerja di perusahaan internasional. Apalagi kamu baru lulus. Tapi, itu bukanlah suatu halangan. Kamu harus percaya diri dan unjuk gigi. Buktikan kepada dunia bahwa kamu layak untuk berpartisipasi di perusahaan tersebut.

Cobalah untuk melangkahkan kaki ke luar rumah dan lihatlah dunia di sekitarmu. Ada banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan bagi fresh graduate dari berbagai jurusan. Seperti customer service, marketing, dan bagian sales. Kamu bisa mendaftarkan diri pada jenis pekerjaan tersebut. Jangan menyerah sebelum mencoba.

2. Gengsi dan Jual Mahal

Menjadi sales bukanlah pekerjaan yang harus dihindari, melainkan pekerjaan yang harus disyukuri, mengingat sulitnya untuk mencari pekerjaan saat ini. Selain jenis pekerjaan, banyak juga fresh graduate yang jual mahal terhadap gaji yang ditawarkan. Ia terlalu mematok gaji tinggi, padahal pengalaman belum seberapa.

Sadar atau tidak, sikap di atas membuatmu semakin sulit untuk mencari pekerjaan. Kalau ada tawaran kerja, langsung sikat! Jadikan posisi tersebut untuk menambah pengalaman kerjamu.

3. Malas Ditempatkan di Daerah Terpencil

Saat mencari pekerjaan, kalimat “siap ditempatkan di mana saja” pasti akan selalu ada. Kalimat inilah yang membuat para fresh graduate malas mencari kerja. Mereka cenderung berpikir terlalu jauh, hingga mengabaikan peluang yang ada. Kebanyakan fresh graduate berharap penempatannya di pusat kota, bukan di desa. Kalau kamu terus menganggap penempatan menjadi masalah, mau berapa lama kamu menganggur?

4. Tidak Ingin Merantau

Bekerja di tanah kelahiran dan tinggal bersama orang tua memang menyenangkan. Kamu juga tidak perlu repot lagi untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Enggan merantau ke negeri orang membuat perjalanan kariermu terhambat. Padahal, di luar daerah tempatmu tinggal, ada banyak lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu. Potensimu untuk bisa bertahan dan maju juga akan terasah saat kamu merantau. Jadi, jangan takut untuk mencoba.

5. Tidak Menguasai Bahasa Inggris

Di Indonesia, ada banyak perusahaan multinasional yang mewajibkan karyawannya bisa berbahasa Inggris. Walaupun tidak fasih, setidaknya kamu mengerti apa instruksi yang dimaksudkan. Karena mewajibkan berbahasa Inggris, kamu jadi menunda niatmu untuk mendaftar.

Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris, belajarlah. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Jika kamu bersungguh-sungguh, bukan tidak mungkin jika kamu lancar bahasa Inggris dalam kurun waktu tiga bulan. Tertarik untuk mencoba?

6. Kurangnya Usaha dan Doa

“Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha”, kamu sering kali mendengarkan kalimat tersebut. Banyak fresh graduate yang malas-malasan. Kerjanya hanya menunggu tanpa berusaha. Kamu perlu ingat, tidak ada sesuatu yang dicapai semudah membalikkan telapak tangan. Begitu juga dengan pekerjaan. Jika kamu niat untuk bekerja, kamu harus berusaha sekuat mungkin. Cari informasi ke sana kemari, asah skill dan potensi dalam dirimu. Lalu, sebarkan lamaran ke puluhan bahkan ratusan perusahaan. Di samping usaha tersebut, selingi juga dengan doa supaya Tuhan selalu menyertai dan memberkati usaha yang kamu lakukan.

Mencari pekerjaan memang sulit, tapi tidak sesulit jika kamu memiliki niat. Munculkan niat dalam dirimu dan dapatkan pekerjaan impianmu. Semoga sukses!

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index