Tertinggal Lebih Dulu, Barcelona Kalahkan Getafe 2-1

Tertinggal Lebih Dulu, Barcelona Kalahkan Getafe 2-1
Foto: Paul Hanna/ REUTERS

Riauaktual.com - Barcelona melanjutkan laju sempurnanya di Liga Spanyol musim ini. Sempat tertinggal dan direpotkan Getafe, Blaugrana menang 2-1 lewat Denis Suarez dan Paulinho.

Bertandang ke Coliseum Alfonso Perez, Sabtu (16/9/2017) malam WIB, Barcelona menguasai permainan sejak awal seperti biasanya. Namun saat sedang kesulitan menemukan celah di pertahanan Getafe, mereka malah kecolongan di menti ke-39 lewat gol indah Gaku Shibasaki.

Penampilan Barcelona membaik di babak kedua. Dua pemain pengganti yakni Denis Suarez dan Paulinho menjadi jalan keluar untuk kebuntuan tim. Denis menyamakan kedudukan di menit ke-62, sementara Paulinho membalikkan keadaan pada menit ke-84.

Dengan kemenangan ini, Barcelona masih sempurna dengan nilai 12 dari empat pekan. Skuat besutan Ernesto Valverde itu memimpin klasemen unggul tiga angka dari Real Sociedad di posisi dua yang baru akan bermain pada Senin (19/9) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan

Barcelona langsung mendapatkan ancaman di menit kedua pertandingan. Umpan ceroboh Sergi Roberto jatuh di kaki Amath Ndiaye dan bola diteruskan ke Jorge Molina. Molina melepaskan sepakan, tapi bisa diamankan Marc-Andre ter Stegen.

Meski mendominasi penguasaan bola, Barcelona lagi-lagi malah terancam. Di menit ke-16, Ousmane Dembele kehilangan bola dan Ndiaye memberikannya ke Gaku Shibasaki. Shibasaki mengoper ke tengah kotak penalti dan bola dicocor Molina, namun cuma berakhir melebar.

Pertanda kurang baik untuk Barcelona. Dembele mengalami cedera dan ditarik keluar, posisinya digantikan Gerard Deulofeu.

Peluang bersih pertama Barcelona dicatatkan di menit ke-31. Umpan Andres Iniesta dari sepak pojok disambut sundulan Samuel Umtiti, tapi terlalu lemah dan mengarah ke kiper.

Barcelona terus kesulitan mendapatkan celah. Getafe lebih banyak menunggu untuk kemudian melakukan pressing saat Barcelona mulai masuk sepertiga akhir lapangan.

Getafe memimpin di menit ke-39. Bola lambung ke dalam kotak penalti ditanduk Markel Bergara untuk Shibasaki yang berada di belakangnya. Bola langsung disambar dengan sepakan keras yang tak mampu dijangkau Ter Stegen.

Sebuah upaya Lionel Messi dari tendangan bebas pada menit ke-45 bisa dihalau kiper Getafe Vicente Guaita. Upaya berikutnya dari Messi menyusul korner yang dihasilkan cuma melambung. Babak pertama berakhir untuk keunggulan Getafe.

Barcelona mencoba meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. Masuknya Denis Suarez menggantikan Iniesta membuat aliran bola mereka lebih cepat. Tapi peluang pertama mereka baru tercipta di menit ke-56 lewat sepakan Roberto yang masih dihalau Guaita.

Upaya Barcelona menyamakan kedudukan membuahkan hasil di menit ke-56. Roberto mendapatkan bola liar di sisi kanan di dalam kotak penalti dan merangsek. Dia lalu melepaskan umpan tarik yang diterima Denis. Bola dikontrol sesaat oleh Denis, lalu disepaknya ke pojok kiri atas dan tak kuasa dijangkau Guaita.

Barcelona terus mendominasi pertandingan, tapi masih kerepotan mendapatkan celah dari pertahanan Getafe yang sangat rapat. Gawang Ter Stegen malah terancam di menit ke-80 lewat sepakan jarak jauh Alvaro Jimenez. Upayanya masih bisa ditepis.

Dua menit berselang, Getafe kembali mencatatkan peluang. Arambarri menerima bola dari Jimenez dan melepaskan sepakan mendatar. Bola sempat membentur Roberto dan mengecoh Ter Stege, namun kiper Barcelona itu masih bisa menjangkaunya dan menepis bola keluar lapangan.

Barcelona berbalik unggul di menit ke-84. Messi memberikan umpan ke Paulinho yang berlari memasuki kotak penalti. Paulinho menggiring bola dan melepaskan diri dari dua pemain bertahan Getafe, sebelum akhirnya menyepak bola ke pojok kiri gawang.

Di menit ke-89, Barcelona menebar ancaman lain. Messi mengarahkan sepakan terukur ke pojok kiri bawah gawang Getafe, namun berakhir tipis saja di samping luar gawang.

Sampai pertandingan berakhir tak ada gol lain yang tercipta. Barcelona menang 2-1.

Susunan pemain:

Getafe: Guaita; Suarez, Ortega, Cala, Antunes; Arambarri (Francisco Portillo 85'), Bergara; Fajr, Shibasaki (Jimenez 54'), NDiaye (Mora 71'); Molina

Barcelona: Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic (Paulinho 77'), Busquets, Iniesta (Suarez 46'); Messi, Suarez, Dembele (Deulofeu 29')


Sumber : detiksport

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index