Kesbangpol Riau gelar Rapat Konsolidasi Pengukuran Ketahanan Nasional Wilayah Riau

Selasa,12 September 2017 - 18:21:04 WIB | Di Baca : 1650 Kali

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Ketahanan Bangsa dan Politik menggelar rapat konsolidasi pengukuran ketahanan nasional wilayah Provinsi Riau tahun 2017 di Hotel grand Central Pekanbaru, Selasa (12/9).

Gubernur Riau dalam hal ini diwakili oleh Asisten  Bidang Administrasi Umum Setdaprov Riau Indrawati Nasution mengatakan bahwa, ketahanan nasional diartikan sebagai kondisi dinamis suatu bangsa yang meliputi segenap kehidupan nasional yang terintegrasi, yang mengandung kemampuan kekuatan nasional dalam menghadapi segala tantangan ancaman hambatan dan gangguan yang datng dari dalam maupun luar.

"Ketahanan sebuah bangsa sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, ketahanan bangsa merupakan kemampuan suatu bangsa untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan serta memperkuat daya dukung kehidupan dalam mencapai kesejahteraan bangsa," ujarnya.

Kemudian dalam sambutan tertulisnya, Gubernur Riau menjelaskan bahwa, tujuan dari ketahan nasional adalah menjamin identitas dan integritas keelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuanagn mencapai tujuan nasional.

"Harapan kami rapat konsolidasi ini, berjalan dengan lancar dan sukses serta menghasilkan rumusan yang bermanfaat bagi kita semua,"tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau Chairul Riski menjelaskan tujan dari rapat konsolidasi ini adalah,  menjalin sinergitas,integritas kelangsungan hidup bangsa dan negara, menumbuhkembangkan kesadaran akan pentingnya ketahanan nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta memberikan pemahaman sistem pengukuran ketahanan nasional wilayah di daerah se Provinsi Riau.

"Rapat konsolidasi ini, terdiri dari 55 orang  peserta dengan rincian 24 orang dari Badan Kantor Kesbangpol Kabupaten/Kota se Provinsi Riau , 15 orang dari instasni vertikal di lingkungan Pemerintah provinsi Riau serta 16 orang pejabat eselon III dan IV di lingkungan Badan Kesbanpol Riau," tambahnya.

Dengan narasumber dari  Ketua Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional lembaga Ketahan Nasional RI Prof. Dr. Miyasto, Direktur Pengkajian Pertahanan dan Keamanan Kedeputian Pengkajian Strategik Lemhannas RI,  Marsekal Pratamama TNI Ade Dian. (Dr)

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com