foto : Ilustrasi: Shutterstock

Saat Memiliki Uang, Hindari Pakai Kartu Kredit!

Selasa,12 September 2017 - 00:12:53 WIB Di Baca : 2355 Kali

Riauaktual.com - Tentunya Anda akan sangat kebingungan kalau tidak punya uang. Anda akan mencoba cari pinjaman atau mungkin menjual sesuatu yang masih layak untuk dijual. Namun demikian, Anda akan lupa dan sering berbuat kesalahan kalau punya banyak uang. Seolah Anda lupa jika tidak punya uang apa yang harus dilakukan. Karena itu, ada hal-hal yang perlu diingat agar tidak salah dalam memperlakukan uang. Apa saja hal-hal tersebut?

1. Mempersiapkan Dana Cadangan

Ketika memiliki uang, banyak orang sering melupakan hal ini. Barangkali termasuk Anda juga. Anda sering lupa untuk menyisihkan uang sebagai dana cadangan. Dana cadangan dapat digunakan pada saat tertentu. Dana cadangan ini bisa juga disebut sebagai dana darurat. Dana cadangan ini tentunya sangat penting.

Bayangkan apabila Anda tidak punya dana cadangan atau dana darurat. Kebanyakan dari Anda akan menjadi kebingungan. Sekalipun Anda sudah mempunyai asuransi untuk pelbagai kebutuhan. Tetap dana cadangan ini akan sangat diperlukan. Bukankah untuk klaim sebuah asuransi memerlukan waktu? Dana cadangan ini dapat sangat membantu sampai dana dari asuransi cair.

2. Jangan Sering Pakai Kartu Kredit

Stop untuk menggunkan dana saldo kartu kredit. Terkadang begitu mempunyai banyak uang maka yang ada di benak Anda adalah menggunakan kartu kredit. Sebab Anda merasa yakin bisa melunasinya atau membayar kembali utang kartu kredit. Hal inilah yang menjerumuskan Anda ke dalam lembah utang. Karena itu, hindarilah menggunakan kartu kredit saat mempunyai banyak uang.

3. Persiapkan Dana Pensiun

Kesalahan yang dilakukan banyak orang adalah lupa mempersiapkan dana pensiun. Ketika memiliki banyak uang, banyak di antara mereka yang terlena dan cenderung menggunakan uang berdasarkan keinginan semata. Akibatnya, hal ini membuat Anda lupa akan kebutuhan yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, yaitu mempersiapkan dana pensiun.

Adanya BPJS sebenarnya membuka jalan bagi siapa saja yang ingin memiliki dana pensiun. Bagi Anda yang bekerja bisa mendaftarkan diri untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan. Sementara jika ingin kesehatan terjamin nantinya, Anda bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan. Punya keduanya lebih baik untuk finansial Anda.

4. Periksa Pengeluaran

Satu lagi kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak mengecek pengeluaran yang sudah dikeluarkan. Dengan banyaknya pengeluaran, Anda cenderung tidak menelusuri keberadaan atau penggunaan uang yang Anda keluarkan. Akibatnya, pengeluaran jadi tidak terkontrol. Seiring dengan waktu, Anda akhirnya sadar bahwa telah menghabiskan banyak uang.

Karena itu, kontrol dan terus melakukan peninjauan kembali dana yang pernah digunakan adalah hal yang harus tetap dilakukan walaupun kondisi dalam keadaan berlimpah atau sedikit berlebih dalam hal finansial.

5. Melakukan Penghematan

Terkadang dalam kondisi memiliki uang, Anda lupa untuk berhemat serasa uang akan mudah untuk datang dan dicari lagi. Padahal, perasaan inilah yang harus ditepis sebisa mungkin. Untuk menghindari ketidakseimbangan keuangan, biasakan diri untuk berhemat, baik dalam kondisi mempunyai uang maupun mempunyai cukup uang.

Hemat pangkal kaya rajin pangkal pandai, kata-kata bijak itulah yang seharusnya bisa dijadikan acuan dalam mengamankan kondisi finansial. Untuk menjadi pintar, tidak harus dengan kecerdasan yang tinggi. Siapa pun bisa menjadi pintar asalkan rajin. Demikian juga menjadi kaya, tidak harus menjadi anak seorang konglomerat atau mempunyai modal yang banyak, tetapi bisa kaya dengan rajin berhemat.

6. Menempatkan Dana di Instrumen Investasi

Kebutuhan akan investasi mungkin masih kurang oleh banyak orang. Padahal, kalau banyak mempelajari investasi dan memahami banyak tentang risiko yang dapat ditimbulkannya sekaligus bagaimana cara menangani risikonya, investasi bisa menjadi aktivitas finansial yang menguntungkan.

Pada saat Anda mantap secara finansial, jangan lupa untuk berinvestasi. Mulai dari nilai yang kecil untuk berinvestasi dan pelajari pola dari investasi tersebut. Salah satu kesalahan Anda adalah enggan untuk berinvestasi pada saat kondisi finansial sedang dalam keadaan tercukupi.

Ingat, Kesempatan Tidak Datang Berkali-Kali

Manfaatkan situasi dan pandai-pandailah membaca situasi. Pada saat situasi finansial cukup atau berlebih, lakukan hal-hal yang sudah disampaikan di atas agar dapat mengantisipasi hal-hal buruk yang bisa terjadi. Dengan begitu, kondisi finansial Anda lebih kuat dari sebelumnya.


Sumber : okezone

 

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com