Gubernur Sumbar : Tahun 2018, Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Di Mulai

Gubernur Sumbar : Tahun 2018, Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Di Mulai
Foto: Humas Sumbar

Riauaktual.com - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melakukan rapat terbatas dengan Bupati/Walikota, Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait, PT. Hutama Karya dan utusan Kementrian dari Jakarta, di Gubernuran, jalan Sudirman, Kota Padang, akhir pekan kemarin.

Dalam kesempatannya Irwan Prayitno mengatakan, hal ini dilakukan setelah melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan Kementerian, tentang pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru.

"Alhamdulliah Bupati Padang Pariaman telah menyatakan siap untuk pembangunan tahap I (Padang-Sicincin) sepanjang 19 km dengan nilai pekerjaan Rp, 6 Triliun, yang ditegaskan Menteri PU akan dilaksanakan pada tahun 2018," ujar Irwan Prayitno, sebagaimana dikutip dari rmolsumbar.com.

Kata Gubernur Sumbar, kita sudah sampaikan permohonan agar pembangunan Jalan Tol tahap I, Padang-Sicincin sampai ke Bukittinggi, karena langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dimana persoalan kemacetan Padang- Bukittinggi dapat terjawab dan tuntas.

"Untuk SOPD terkait, kami telah memerintahkan supaya menyiapkan segala dokumen lengkapan persyarakatan pembangunan, soal amdal, pertanahan, kehutanan dan lain-lain, sehingga tidak ada lagi yang menganjal dalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan ini," ujar Irwan Prayitno.

Pembangunan jalan Tol Padang-Pakanbaru sejauh 265 km, kata Irwan Pryaitno, memakan dana sebesar Rp.70 Triliun yang ditanggung oleh PT. Hutama Karya yang juga akan bekerjasama dengan JICA. Kita Sumbar mendukung dengan penyediaan lahan dan mensosilisasikannya kepada masyarakat, sehingga pembangunan ini mendapat mutiyar efek yang baik dalam kemajuan pertumbuhan ekonomi di masa datang.

"Pembangunan jalan tol ini, juga akan mendukung jalur yang berkaitan dengan lokasi wisata dan perindustrian di daerah, itu aspirasi beberapa kepala daerah dalam rapat tadi dan juga akan menjadi bahan pemikiran juga bagi PT Hutama Karya," tungkasnya

Sementara itu, Manejer Teknis Dinny Suryakecana PT. Hutama Karya, juga mengatakan kami akan melakukan kegiatan pembangunan jalan tol ini dengan tetap berkoordinasi SOPD dlingkungan Pemprov Sumbar bersama tim kami.

"Kita tetap akan dialogkan dengan baik setiap kegiatan yang dilakukan baik dalam menyiapkan dokumen yang disebutkan, juga terhadap apirasi daerah yang mungkin saja bisa diakomudir, seningga pembangunan ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan sekaligus bermanfaat bagi kepentingan daerah dan masyarakat," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index