Jangan Biarkan Aki Bekas Teronggok di Rumah

Jangan Biarkan Aki Bekas Teronggok di Rumah
Photo : Youtube (Korosi pada aki mobil)

Riauaktual.com - Saat aki sudah rusak dan harus diganti, pemilik kendaraan ada yang langsung menuju ke toko untuk membeli aki baru. Aki lama yang rusak kemudian ditaruh begitu saja di sudut rumah hingga berdebu.

Padahal, aki bekas yang sudah tidak terpakai itu bisa ditukar dengan uang, meski nilainya tidak seberapa. Beberapa toko aki juga menyediakan tukar tambah aki.

Program tukar tambah itu, menurut Direktur Pemasaran PT Astra Otoparts Tbk, Yusak Kristian, dibuat untuk menguntungkan konsumen.

Bukan hanya sekadar bisa mendapat potongan dari barang lama, cara ini juga sebagai salah satu langkah kepedulian terhadap lingkungan.

"Kebijakan kami melakukan tukar tambah aki bekas itu lebih ke arah kepedulian terhadap lingkungan. Masuk dalam program green kami, aki bekas itu didaur ulang," kata Yusak, sebagaimana dikutip dari viva.co.id.

Langkah daur ulang diperlukan agar limbah yang mengandung bahan kimia berbahaya itu bisa ditangani dengan lebih baik. Tidak dibiarkan rusak begitu saja hingga mencemarkan lingkungan.

"Kami salurkan ke pengelola limbah aki yang legal. Artinya, mereka punya izin atau sertifikat untuk bisa mengelola limbah aki, bukan hanya sekadar tukar tambah aki bekas dengan yang baru," lanjut dia.

Selain itu, langkah ini juga dilakukan untuk mencegah adanya peredaran aki bekas yang sudah diperbaiki. Meski harganya murah, namun aki bekas tidak bisa dijamin keamanan serta kualitasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index