Gaya Hidup Hemat dalam Keseharian, Jangan Terpengaruh Iklan!

Gaya Hidup Hemat dalam Keseharian, Jangan Terpengaruh Iklan!
Ilustrasi: videoblocks

Riauaktual.com - Setiap orang pasti punya banyak keinginan. Hal itu wajar. Akan tetapi, keinginan yang tidak dapat dikendalikan akan menjadi bumerang bagi diri sendiri. Hidup boros dan tanpa memikirkan bagaimana cara seharusnya menghargai dan menggunakan uang adalah hal yang ceroboh dan dapat mengakibatkan keuangan tergangu.

Sebuah artikel Huffington Post menyebutkan beberapa hal yang perlu dihindari agar tidak menjadi orang yang merugi lantaran tidak bisa menghargai dan menggunakan uang sebagaimana mestinya. Berikut ini tips-tips yang dapat menghadirkan gaya hidup hemat dalam keseharian.

1. Batasi Seringnya Melakukan Pembelian

Kebiasaan ini sudah mandarah daging dalam diri banyak orang. Sifat konsumtif adalah salah satu sifat yang dapat menjadikan diri terpuruk. Mulai saat ini cobalah untuk menanyakan pada diri sendiri apakah benar-benar membutuhkan barang yang akan dibeli? Ataukah hanya keinginan? Perbedaan yang mendasar di antara keduanya, yaitu keinginan adalah rasa yang didominasi nafsu manusia, sedangkan kebutuhan adalah keinginan yang didasari dorongan eksternal yang mengakibatkan seseorang harus bergantung pada benda atau hal tersebut.

2. Pintar dalam Berbelanja

Saat ini teknologi sudah banyak membantu semua orang dalam melakukan aktivitas. Salah satunya adalah di bidang informasi. Menjadi orang yang cerdas adalah salah satu kunci untuk bisa mengubah hidup. Salah satunya dengan mencari banyak informasi tentang harga murah dan tempat mana yang akan memberikan banyak keuntungan bagi kita.

3. Jangan Terpengaruh Iklan

Seperti diketahui, tim pemasar biasanya akan berusaha dengan daya upaya menghasilkan iklan yang menarik bagi konsumen. Sebagai pembeli yang cerdas, tentunya Anda harus berhati-hati agar dapat menyaring informasi melalui iklan.

Visualisasi yang menawan dan tulisan yang persuasif memengaruhi Anda untuk mencoba produk tertentu adalah trik yang diciptakan tim pemasaran. Jangan mudah terbawa dan terpengaruh iklan. Kembali lagi, tanyakan pada diri Anda, apakah memang benar membutuhkan benda itu.

4. Menciptakan Kreasi

Anda pasti memiliki banyak keahlian yang terpendam. Cobalah untuk berkreasi dan meminimalkan membeli produk orang lain atau pabrikan. Sebagai contoh, apabila Anda hobi berkebun, kenapa tidak kita mencoba untuk berkebun di halaman rumah. Atau juga apabila Anda bisa mengerjakan kerajinan tangan, mengapa tidak mencoba membuat kebutuhan alat tulis ataupun kebutuhan perabot dapur dari buah karya sendiri. Di samping dapat menghemat pengeluaran, berkreasi akan mampu membuat diri puas dan lebih percaya diri.

5. Biasakan untuk Saling Berbagi

Berbagi di sini bukan berarti Anda harus membagi kebutuhan dengan orang lain atau saudara. Yang dimaksudkan berbagi di sini adalah kalau Anda sedang membutuhkan peralatan yang tidak dimiliki dan bersifat temporer, Anda bisa berbagi dengan saudara atau tetangga. Sebagai misal, ketika memperbaiki motor yang rusak, terkadang Anda memerlukan peralatan atau kunci-kunci untuk membuka dan membenahi motor. Di sini bukan berarti Anda harus membeli semua peralatan itu. Cobalah menanyakan kepada tetangga atau teman apakah mempunyai peralatan tersebut. Anda dapat meminjamnya. Tentu saja dengan syarat menjaga peralatan tersebut sebaik-baiknya.

Selain dapat membina hubungan sosial, metode berbagi ini juga akan mempererat persahabatan dan hubungan sosial. Asalkan, dapat saling menjaga hal-hal yang menjadi privasi dari orang yang diajak untuk berbagi. Terkadang mode ini juga akan menimbulkan masalah karena banyaknya orang yang tidak mau dan tidak menghormati apa yang dimiliki orang lain.

Ubah Gaya Hidup Menjadi Lebih Ekonomis

Kadang-kadang mengikuti gaya hidup akan membawa Anda ke dalam gaya hidup konsumtif. Gaya hidup yang dapat membawa efek negatif bagi kehidupan. Untuk itu, perlunya kedewasaan dalam menyikapi gaya hidup. Apalagi gaya hidup pasti akan datang pada setiap era yang berlainan yang punya tren sendiri pada masanya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index