Survei: Jika Hari ini Pilgub Riau, Andi Rachman Kalah Telak

Survei: Jika Hari ini Pilgub Riau, Andi Rachman Kalah Telak
ilustrasi

Riauaktual.com - Lembagai Survei Indo Barometer akhirnya merilis hasil survei mereka di seluruh wilayah Provinsi yang meliputi 12 kabupaten/kota yang dilakukan pada 17-26 Agustus 2017.

Hasilnya, tingkat kepuasan kinerja Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman alias Andi Rachman hanya sebesar 40,8 persen. Sedangkan yang tak puas sebesar 43,9 persen dan yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 15,4 persen.

"Merujuk data tersebut, jika Pilkada dilaksanakan hari ini, posisi incumbent (pertahana, red) kemungkinan akan kalah," ungkap Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli‎ dalam rilisnya sebagaimana dilansir dari Beritariau.com, Jumat (08/09/17).

Menurutnya, dengan tingkat ketidakpuasan terhadap incumbent lebih tinggi yakni dibawah 50 persen, menunjukkan potensi 'bahaya'. Idealnya, tingkap kepuasan minimal 70 persen bahkan 80 persen.

Hadi juga mengungkapkan, hasil survei juga menunjukkan bahwa yang menginginkan Arsyadjuliandi Rachman kembali hanya sebesar 24,6 persen saja. Sedangkan yang tak menginginkan sebesar 44,1 persen dan yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 31,3 persen.

Selain itu, Indo Barometer juga mengungkapkan, pihaknya juga melempar pertanyaan terbuka dan tertutup.

Dimana, dalam pertanyaan terbuka, elektalibitas tertinggi yakni Bupati Pelalawan HM Harris yakni sebesar 4,4 persen, disusul Andi Rachman 3,6 persen, M Lukman Edi 2,6 persen, Achmad 2,6 persen, Syamsurizal 1,9 persen, Syamsuar 1,5 persen, Herman Abdullah 1,4 persen, Yopi Arianto 1,3 persen dan nama calon lainnya kurang dari 1 persen.

"Elektabilitas Incumbent berada dalam posisi kedua," kata Hadi.

Untuk diketahui, jumlah sampel pada survei ini sebanyak 800 responden dengan margin of error‎ sebesar sekitar 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampe yang digunakan adalah Multistage Random Sampling.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index