Reruntuhan bangunan di Rakhine. (Foto: Reuters)

Kisah Horor Rohingya: Militer Minta Warga Masuk ke Rumah, Lalu Dibom!

Jumat,08 September 2017 - 16:30:17 WIB | Di Baca : 2035 Kali

Riauaktual.com - Sejumlah warga etnis Rohingya dengan perahu tiba di kawasan pantai Shamlapur, Bangladesh. Mereka panik dan menangis, kemudian menceritakan kekejaman tentara militer Myanmar di negara bagian Rakhine.

Beberapa orang, termasuk pria, mulai terisak tak terkendali. Tubuh mereka terengah-engah. Mereka seolah tak percaya masih hidup. Beberapa dari mereka disodori handphone oleh penduduk setempat sehingga cerita mereka bisa terekam.

Seorang wanita paruh baya, yang berpakaian hitam, sedang mengamati cakrawala dengan cemas, melindungi matanya. Wanita bernama Rohima Khatun itu sedang menunggu saudaranya. Desa mereka di Distrik Maungdaw, Rakhine, Myanmar telah diserang lebih dari 10 hari yang lalu. 

Dengan terburu-buru melarikan diri, mereka berpisah. Dia berhasil menyeberang ke Bangladesh melalui jalur laut. Dia berharap saudaranya, Nabi Hasan, termasuk di antara ratusan orang yang datang melalui laut.

Saat kapal keempat mencapai pantai, dia menjerit dan mulai berlari. Seorang pemuda datang dengan terpincang-pincang di seberang pantai dan keduanya saling berpelukan. Nabi Hasan dan Rohima Khatun nyaris tak percaya bahwa mereka masih hidup dan dipertemukan lagi.

”Dia ya Allah, dia Allah,” kata gumam Rohima Khatun dengan langkah maju mundur. ”Saya tidak berpikir bahwa saya akan melihat kamu,” balas Nabi Hasan sambil menyeka air mata saudara perempuannya.

”Desa kami diserang oleh militer,” kata mereka. ”Bersama dengan Mogs,” lanjut mereka merujuk pada komunitas nasionalis Buddha yang tinggal di Rakhine. (das/okezone)

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com