Wisatawan Kecewa Istana Kerajaan Darussalam Sudah Rusak

Wisatawan Kecewa Istana Kerajaan Darussalam Sudah Rusak
Beginilah kondisi Istana Kerajaan Darussalam atau Kerajaan Gunung Sahilan sudah berkarat tak terawat. FOTO: Rio

KAMPAR (RA) - Para wisatawan yang mengunjungi Istana Kerajaan Darussalam yang terletak di Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Pasalnya, kondisi istana tersebut saat ini sudah tak terawat sehingga istana peninggalan Kerajaan Darussalam itu tak lagi seperti istana.

Seperti pantauan reporter RiauAktual.com tadi siang, Kamis (24/01/2013), kondisi istana memang tidak lagi seperti istana, bahkan beberapa bagian dari istana sudah mulai tinggal puing saja dan lapuk dimakan usia. Meskipun saat libur, kondisi istana ini sepi tak ada pengunjung, bahkan di hari lainnya juga para wisatawan sudah enggan mengunjungi salah satu tempat bersejarah tersebut.

Ketika dikonfirmasi kepada salah seorang masyarakat sekitar istana yang masih keturunan raja, Tengku Hamka mengatakan, memang sudah tak ada lagi wisatawan yang mengunjungi istana tersebut. Meskipun di dalam istana masih banyak peninggalan bersejarah, tapi sepertinya akan turut usang bersama bangunan yang mulai berkarat dimana-mana.

"Sudah banyak wisatawan yang datang kemari berkunjung, kebanyakan mereka kecewa karena istana ini tak seperti yang mereka bayangkan. Kalau mengenai sejarah kerajaan ini berdiri pada abad keberapa masih menjadi kontroversi, dari pihak kerajaanpun tak ada yang tahu pasti kapan kerajaan itu berdiri. Walau sudah beberapa kali renovasi tetap saja bangunan ini tak terawat, padahal di dalamnya masih banyak peninggalan sejarah," terangnya.

Liputan: Rio Agusri
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index