Cegah Mobil Terbakar, Jangan Tinggalkan 5 Benda Ini di Mobil

Cegah Mobil Terbakar, Jangan Tinggalkan 5 Benda Ini di Mobil

Riauaktual.com - Kasus mobil terbakar sudah banyak terjadi. Bahkan, ketika diparkir pun mobil memiliki risiko terbakar juga.

Benda-benda yang dipakai kebanyakan orang dalam kegiatan sehari-harinya juga bisa memicu mobil terbakar. Laman Goody Feed memberitakan, jangan meninggalkan benda-benda ini di dalam mobil. Benda-benda itu bisa terbakar jika diletakkan di dalam mobil terlalu lama.

Apa saja benda itu yang sebaiknya tidak ditinggalkan di dalam mobil? Simak ulasan berikut.

1. Korek Api

Perokok biasanya membawa korek api ke mana-mana. Begitu juga saat mengendarai mobil. Saat membawa korek api ke dalam mobil, bawa kembali korek api jika Anda keluar mobil.

Korek api boleh dikatakan haram ditinggalkan di dalam mobil. Korek api mengandung cairan yang sangat mudah terbakar. Ketika korek api ditinggal di dalam mobil dan terpapar terik matahari ditambah suhu tinggi di dalam mobil, api bisa saja menyala.

2. Powerbank

Powerbank kini menjadi kebutuhan sebagian orang agar gadget mereka bisa tetap aktif. Tapi, menyimpan powerbank di dalam mobil juga merupakan hal yang berbahaya.

Suhu tinggi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan powerbank meledak. Jika disimpan di dalam mobil, maka mobil bisa terbakar.

Dikutip detikInet pengamat gadget Lucky Sebastian menyebut pengguna gadget disarankan untuk tidak meletakkan powerbank di tempat yang terkena matahari atau panas berlebih. Misalnya di atas dashboard mobil, atau di dalam mobil yang terjemur.

"Bagaimanapun powerbank kebanyakan berisi baterai lithium-ion. Sama dengan smartphone, sangat rentan rusak karena panas berlebih," kata Lucky.

Dia menjelaskan, di dalam baterai lithium-ion terdapat berlapis-lapis bahan katoda dan anoda yang berjarak sangat tipisl. Ketika terjadi panas berlebih, bahan ini akan memuai dan saling menempel sehingga menimbulkan korslet, seperti kita mempertemukan kutub positif dan negatif baterai.

"Korslet ini bisa menyebabkan kebakaran. Kalau pun tidak sampai terbakar, powerbank yang sering terkena panas berlebih akan mudah rusak atau tidak awet. Karena panas yang berlebih akan menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan gas berlebih, yang sering kita lihat efeknya baterai menjadi kembung," terang Lucky.

3. Ponsel dan Tablet

Temperatur tinggi di dalam mobil bisa merusak baterai pada perangkat elektronik itu. Tak hanya membuat masa pakai baterai berkurang, hal itu juga bisa menyebabkan ponsel meledak jika suhunya terlalu tinggi.

4. Kacamata

Pernah melakukan eksperimen membuat api dengan menggunakan lup dan sinar matahari? Selain lup, kacamata juga bisa memusatkan sinar matahari ke tempat kecil dan cahaya yang kuat bisa menyulut api dengan mudah.

Makanya, tidak disarankan meningglakan kacamata di dalam mobil yang berpotensi terkena sinar matahari langsung. Risiko yang sama juga berlaku untuk kaca pembesar dan segala bentuk lensa.

5. Kaleng Minuman Soda

Kaleng ini sudah memiliki tekanan tinggi dari gas di dalamnya. Ditambah dengan panas, kaleng itu bisa meledak di bawah tekanan yang sangat besar.

Kaleng minuman soda yang sudah dibuka juga tidak disarankan ditinggal di dalam mobil. Hal itu bisa menarik perhatian serangga atau hewan yang merugikan lainnya.

 

Sumber : detikOto

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index