Ungkap hingga Tuntas, Dalang di Balik Sindikat Saracen Harus Ditangkap

Ungkap hingga Tuntas, Dalang di Balik Sindikat Saracen Harus Ditangkap
Ilustrasi (Shutterstock)

Riauaktual.com - Pihak kepolisian diharapkan dapat mengungkap sindikat Saracen yang bisa diorder untuk melakukan penyebaran kebencian dan fitnah dengan menggunakan isu suku agama, ras, dan antargolongan (SARA), secara tuntas. Itu termasuk dengan mengungkap dalang di balik sindikat Saracen.

Direktur Lembaga Pusat Kajian Kepolisian (Lemkapi), Edi Hasibuan menganggap pihak kepolisian dan aparat penegak hukum lainnya harus sigap dan tegas menangani kasus ini. Menurutnya, aparat penegak hukum tak boleh ragu dalam menghukum pelaku yang terbukti melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Agar jaringan ini (Saracen) disikat habis termasuk orang yang memberikan perintah kepada sindikat ini supaya ditangkap," ucap Edi sebagaimana dikutip dari Okezone, Senin (4/9/2017).

Dalam kasus ini, pihak kepolisian sejauh ini sudah menetapkan empat orang sebagai tersangka, yakni JAS, SR, MFT, serta MAH. Pihak kepolisian juga menemukan 14 rekening terkait dengan sindikat Saracen.

Dengan ditemuinya belasan rekening itu, menurut Edi, PPATK dapat melakukan penelusuran. Itu juga termasuk dengan mencari tahu pihak yang menjadi penyokong dana untuk sindikat Saracen.

"PPATK bisa menelusuri dari siapa sajakah selama ini yang mendanai mereka," tutur Edi.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index