Bakal Calon Gubernur yang Mendaftar ke PDIP Segera Disurvei, Ini Lima Balon Tersebut

Bakal Calon Gubernur yang Mendaftar ke PDIP Segera Disurvei, Ini Lima Balon Tersebut

Riauaktual.com - Lima bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar ke DPD PDIP akan segera disurvei, setelah kelimanya mengikuti tahapan fit and proper test beberapa waktu lalu.

Ada pun kelima bakal calon tersebut di antaranya adalah, Bupati Pelalawan HM Harris, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, anggota DPD RI Instiawati Ayus, anggota DPR RI Lukman Edy dan Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto.

Dikatakan Ketua DPD PDIP Riau, Kordias Pasaribu survei tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana respon masyarakat terhadap para bakal calon yang mendaftarkan diri ke PDIP.

"Dari kelima bakal calon gubernur yang mengikuti fit and proper test, belum ada satu pun yang membawa rekomendasi partai dan menentukan pasangannya. Kondisi ini membuat PDIP belum menemukan siapa bakal calon yang akan diusung, untuk itu perlu dillllakukan survei ini," kata Kordias sebagaimana dikutip dari Tribun, Sabtu (2/9).

Selain itu, dijelaskannya, pelaksanaan fit and proper test sebelumnya bertujuan untuk mengkaji lebih dalam kesiapan, kemampuan serta melihat visi dan misi para bakal calon yang akan menggunakan perahu PDIP. Sedangkan survei, PDIP ingin melihat respon masyarakat terhadap bakal calon.

Tidak hanya itu, menurut Wakil Ketua DPRD Riau ini, dukungan dari partai politik lain juga menjadi dasar PDIP untuk mengusung calon tersebut, mengingat posisi PDIP tidak bisa mengusung sendiri pasangan calon dalam Pilkada 2018 mendatang.

"Semua yang mengikuti fit and proper test ini juga belum satu pun yang membawakan rekomendasi partai, itu juga akan menjadi dasar penilaian nantinya untuk memberikan dukungan kepada bakal calon," tuturnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index