Satu Lagi Warga Pekanbaru Diduga Terkait Saracen Ditangkap

Satu Lagi Warga Pekanbaru Diduga Terkait Saracen Ditangkap
Kantor media online Saracennews.com tampak sepi di Gang Salempayo, Jalan Kasah, Kecamatan Tangkeran Tengah, Pekanbaru, 24 Agustus 2017. Direktorat Tin

Riauaktual.com - Warga Jalan Bawal Nomor 31, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Muhammad Abdullah Harsono ditangkap polisi,  Rabu (30/8/2017). Ia ditangkap terkait dugaan kasus Saracen. 

"Benar, subuh tadi ditangkap polisi dari Mabes Polri," kata Ketua RT 02 RW 06 Kelurahan Rejosari Wagino seperti dirilis tempo.co.

Harsono dibawa oleh tiga anggota polisi berpakaian sipil sekitar pukul 06.00. Penangkapan Harsono disaksikan keluarganya. Polisi juga menyita dua unit telepon genggam milik Harsono sebagai barang bukti.

Wagino mengaku tidak tahu persis perkara yang menjerat Harsono. Namun, kata dia, informasi yang diperoleh dari polisi, penangkapan Harsono terkait dengan provokasi di laman Facebook. 

"Kalau terkait dengan Saracen saya belum tahu, yang jelas polisi memperlihatkan konten Facebook beliau," ujarnya.

Foto Harsono bersama tersangka kasus ujaran kebencian, Jasriadi, sempat menyebar luas di media sosial. Harsono disebut-sebut sebagai bagian dari pendiri kelompok Saracen.

Sedangkan Jasriadi berperan sebagai perekrut anggota. Dia membuat unggahan yang bersifat provokatif untuk menarik minat netizen bergabung dengan akun-akun Saracen, terutama isu SARA sesuai dengan perkembangan tren media sosial.

Jasriadi juga memiliki kemampuan di bidang teknologi informatika dan bisa memulihkan akun anggotanya yang diblokir. Dia juga berperan membuat sejumlah akun anonim yang akan aktif mengomentari unggahan Saracen sehingga memprovokasi netizen. (das/tempo)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index