Murid Belajar di Lantai, Anggota DPRD Riau Kunjungi SMAN 2 Tambang Kampar

Murid Belajar di Lantai, Anggota DPRD Riau Kunjungi SMAN 2 Tambang Kampar

Riauaktual.com - Mendapat kabar adanya murid yang belajar di lantai tanpa meubeler meja kursi, Anggota Komisi E DPRD Riau Ade Hartati Rahmad MPd langsung turun ke SMAN 2 Tambang kabupaten Kampar, Selasa (29/8/2017).

Di sekolah ini, Ade langsung meninjau ruang kelas yang anak-anaknya belajar di atas lantai serta melakukan diskusi dengan 33 siswa/i di ruangan kelas. Kepada pelajar, dengan duduk di lantai, Ade memberikan motivasi agar murid tidak putus asa.

"Ini sangat memprihatinkan, belajar di lantai, namun jangan putus asa, tetap semangat meraih cita-cita. Tadi ibu sudah telepon Kadisdik, mudah-mudahan akan ada solusi," kata Ade di hadapan para murid.

Dimana, sudah 2 bulan anak-anak belajar di lantai, maka perlu solusi. "Jangan putus asa, sukses dunia akhirat. Sesuatu itu tidak ada kebetulan, semua tergantung ikhtiar, usaha kita," ujarnya.

Bahkan Ade juga mengisahkan latar belakang dirinya yang saat ini duduk di DPRD Provinsi Riau, sebelumnya dia juga duduk di DPRD Kota Pekanbaru, Ade menceritakan bahwa dia bukan dari keluarga kaya raya, namun karena semangat dan kemauan maka bisa menjadi seperti saat ini.

"Ibu juga bukan dari keluarga kaya, orangtua ibu juga guru, kepala sekolah di Lubuk Siam, 30 kilo naik motor, sampai pensiun seperti itu, ngajar di daerah Teratak Buluh Kampar itu, kalau banjir tak bisa sekolah. Sampai murid ibu itu sekarang menjadi dosen di UIR, doktor sekarang," kata Ade menceritakan.

Dikisahkan Ade lagi, bahwa dirinya merupakan anak dari seorang guru dan ayahnya tentara, namun karena ikhtiar dan semangat, maka saat ini bisa menjadi wakil rakyat.

"Semua kerja keras, ikhtiar, jangan patah semangat, ini kita sudah punya ruangan representatif, tetap bersabar, memang cukup memprihatinkan, tapi tetap rajin belajar, yang nolong kita hanya ilmu, harta pun segunung kita ambil terus habis, kalau ilmu bertambah terus. Jangan sampai ada yang putus sekolah, sampaikan ke buk Kepsek kalau ada masalah," ujar Ade.

Dalam diskusi itu, ada hal yang menarik saat Ade menanyakan kepada para murid cita-citanya, seorang murid bernama Findo dengan semangat mengatakan ingin jadi wartawan, Ade kemudian memotivasi siswa tersebut untuk terus bersemangat mengejar cita-citanya, bahkan dipersilahkan langsung berdiskusi dengan beberapa wartawan yang ikut dalam kunjungan itu.

Kepala SMAN 2 Tambang Nurlian SPd dalam kunjungan itu mengaku sangat kaget dikunjungi Anggota DPRD Riau Ade Hartati Rahmad MPd. Dia pun terharu akan perhatian Anggota Dewan ini jauh-jauh ke Kampar guna memperhatikan anak sekolah.

"Ini sudah dua bulan berjalan, ada 6 lokal seperti ini (belajar di lantai, red), kemarin satu lokal sudah ada (meja kursi, red), sumbangan orangtua murid," jelas Nurlian.

Dikatakan Nurlian, ada 260an murid yang menempati 6 lokal baru dan belajar di lantai. Sementara jumlah total murid di sekolah yang dia pimpin ini ada 940an. Untuk pengadaan meja kursi 6 lokal baru itu, diputuskan orangtua murid menyumbang Rp160 ribu. "Mudah-mudahan 4 bulan sudah ada seluruh meja kursi," terangnya.

Disebutkan lagi, sumbangan ini tidak diberlakukan bagi siswa miskin, sementara orangtua murid yang berlebih (mampu) menyumbang lebih dari Rp160 ribu tersebut. "Memang tidak kondusif dengan kondisi seperti ini, namun kita bisa apa, dana BOS tidak boleh beli ratusan meja kursi, kalau tambahan meja kursi rusak itu boleh, makanya kemarin disepakati orangtua murid melakukan sumbangan," terangnya lagi.

Meskipun demikian, Nurlian sangat bersyukur didatangi Anggota DPRD Riau Ade Hartati Rahmad MPd, terlebih saat Ade langsung menelpon Kadis, maka sedikit banyak persoalan yang ada di SMAN 2 Tambang yang telah terakreditasi A pada 2016 ini bisa diperhatikan pemerintahan. (mad)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index